Prabowo Gaungkan Dukungan Kemerdekaan Palestina Saat Pidato Pertama




Jakarta, Indonesia

Presiden Indonesia kedelapan Prabowo Subianto, menegaskan dukungan Republik Indonesia (RI) terhadap kemerdekaan Palestina saat berpidato usai pelantikannya di Sidang Paripurna MPR RI, Minggu (20/10).

Prabowo mengatakan Indonesia mendukung penuh rakyat Palestina mendapatkan kemerdekaannya. Sebab Indonesia memiliki prinsip anti penjajahan karena pernah mengalami penjajahan di masa-masa dahulu.

“Kita punya prinsip, prinsip kita adalah anti-penjajahan karena kita pernah mengalami penjajahan. Kita anti-penindasan karena kita pernah ditindas. Kita anti-rasialisme, kita anti-apartheid karena kita pernah mengalami apartheid,” kata Prabowo di Sidang Paripurna MPR, Kompleks Parlemen, Jakarta, Minggu (20/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dia menegaskan saat dijajah dahulu masyarakat RI digolongkan lebih rendah dari anjing dengan adanya larangan bertuliskan ‘Honden en Inlander Verboden’ yang secara umum berarti ‘anjing dan pribumi dilarang’ memasuki kawasan tertentu.

“Saya masih lihat prasasti di kolam renang Manggarai tahun 1978, karena itu kita punya prinisip kita harus solider, kita harus membela rakyat-rakyat yang tertindas di dunia ini. Karena itu kita mendukung kemerdekaan rakyat Palestina,” lanjut Prabowo.

Prabowo mengatakan seiring dengan dukungan ini, pemerintahan Presiden ketujuh Joko Widodo (Jokowi) telah mengirim banyak bantuan ke Palestina, salah satunya tim medis. Tim medis RI ini tersebar di beberapa titik di Jalur Gaza, bersama-sama dengan Uni Emirat Arab (UEA).

Prabowo pun menekankan Indonesia akan terus mengirim lebih banyak bantuan ke Palestina, termasuk mengevakuasi anak-anak dan korban luka.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka resmi dilantik usai mengucapkan sumpah janji sebagai presiden dan wakil presiden di Sidang Umum Paripurna MPR, Minggu (20/10). Prabowo kini menjadi Presiden kedelapan Indonesia, sementara Gibran menjadi Wakil Presiden ke-14 RI.

(blq/asa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *