Prabowo Resmi Tunjuk Widiyanti Putri Wardhana Jadi Menteri Pariwisata




Jakarta, Indonesia

Widiyanti Putri Wardhana resmi ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dalam kabinet Presiden Republik Indonesia Prabowo Subianto dan wakilnya, Gibran Rakabuming, pada Minggu (20/10).

Presiden Prabowo Subianto dan Wakil Presiden Gibran Rakabuming Raka resmi mengumumkan para menteri dan wakil menteri yang akan bekerja di kabinet pemerintahannya lima tahun ke depan. Pengumuman itu digelar di Istana Negara, Jakarta, Minggu (20/10) malam WIB.

Wanita yang akrab disapa Widi ini akan membantu pemerintahan Prabowo-Gibran selama lima tahun ke depan di bidang pariwisata tanah air, yang sebelumnya dijabat oleh Sandiaga Uno, kala masih disebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Widiyanti memang sempat datang ke kediaman Prabowo di Kertanegara 4 saat diadakan seleksi calon menteri beberapa waktu lalu. Kala itu, nama Widiyanti langsung santer terdengar akan menjadi Menteri Pariwisata saat kabinet resmi dibentuk.

Widiyanti merupakan pengusaha perempuan yang cukup terkenal di Indonesia. Mulai 2021 dia juga telah menjabat sebagai Komisaris di PT Teladan Aprima Agro (TPA).

Sebelumnya dia juga menjabat sebagai direktur di perusahaan tersebut dalam kurun waktu 2012 hingga 2021.

Widiyanti sendiri merupakan anak dari pengusaha sukses yang bergerak di sektor energi dan batubara, Wiwoho Basuki. Wiwoho tenar karena kiprahnya di PT Idika Energi Tbk, PT Kieco Jaya Agung dan PT Cirebon Elektrik Power.

Istri dari eksekutif bisnis Indonesia Wisnu Wardhana ini sempat menempuh pendidikan di Pepperdine University, Malibu, California, Amerika Serikat pada 1993 dan meraih gelar Bachelor of Science in Business Administration.

Dikutip dari Teladan Resources, Widi adalah profesional di bidang bisnis, investor, hingga filantropis, yang telah menjadi pengusaha lebih dari 30 tahun.

Saat ini Widiyanti mengemban tugas sebagai Menteri Pariwisata yang resmi berdiri sendiri setelah sebelumnya disatukan dengan Badan Ekonomi Kreatif. Ada sejumlah tugas yang harus dia kerjakan di bidang pariwisata, terutama berkaitan dengan memajukan wisata-wisata Indonesia, termasuk meningkatkan kunjungan wisatawan mancanegara ke tanah air.

(tst/wiw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *