Prabowo Tunjuk Taufik Hidayat Jadi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga




Jakarta, Indonesia

Legenda badminton Indonesia, Taufik Hidayat resmi ditunjuk sebagai Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga (Wamenpora) pada Kabinet Merah Putih pemerintahan Presiden Prabowo Subianto dan wakil presiden Gibran Rakabuming Raka masa bakti 2024-2029.

Kepastian itu diumumkan Prabowo di Istana Kepresidenan Jakarta, Minggu (20/10) malam.

“Taufik Hidayat menjadi Wakil Menteri Pemuda dan Olahraga,” ucap Prabowo.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dengan demikian, Taufik bakal mengemban tugas menantang membantu membuat kebijakan-kebijakan yang bisa membawa dampak positif bagi kemajuan olahraga Indonesia.

Sejak masih aktif sebagai atlet, sosok Taufik Hidayat terkenal sebagai sosok yang vokal. Taufik adalah atlet yang lantang menyuarakan kegelisahan hatinya. Ia sering menyoroti hal-hal yang dirasa kurang tepat, baik di badminton maupun olahraga Indonesia secara umum.

Dengan latar belakang itu, Taufik Hidayat jelas punya kapasitas untuk jadi Wamenpora. Menarik untuk melihat langkah Taufik Hidayat untuk membuat gebrakan agar olahraga Indonesia menjadi lebih maju ketika ia kini jadi sosok yang bisa berpengaruh besar untuk membuat kebijakan.

Sebagai atlet, Taufik Hidayat adalah sosok berprestasi. Ia punya medali emas lengkap di seluruh multi event, mulai dari SEA Games, Asian Games, hingga Olimpiade. Taufik Hidayat juga pernah menyandang status juara dunia, pebulutangkis nomor satu dunia, hingga membawa Indonesia juara Thomas Cup.

Momen paling spesial dalam karier Taufik Hidayat jelas emas Olimpiade Athena 2004. Emas tersebut jadi emas Olimpiade satu-satunya yang diraih Indonesia di Olimpiade edisi tersebut

Taufik Hidayat memutuskan pensiun dari dunia badminton pada 2013. Setelah pensiun, Taufik Hidayat sempat jadi Staf Khusus di Kemenpora pada 2017-2018.

Pada Pemilihan Umum 2024, Taufik Hidayat sempat maju sebagai calon anggota DPR lewat Partai Gerindra. Meski meraih suara yang besar, Taufik masih belum bisa lolos ke Senayan.

Kini dengan jabatan baru sebagai Wamenpora, kiprah Taufik Hidayat jelas jadi salah satu yang bakal mendapat sorotan di Kabinet Prabowo-Gibran.

Taufik Hidayat bakal jadi pendamping dan pemberi masukan yang pas bagi Dito Ariotedjo yang kembali menjabat sebagai Menpora karena Taufik adalah sosok yang aktif di dunia olahraga dan tahu seluk-beluk permasalahan di dunia olahraga secara umum dalam tiga dekade terakhir.

(ptr/rhr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *