Pram Sentil RK Gagal Bangun Disneyland di Cikarang, Kini Janji di DKI




Jakarta, Indonesia

Calon gubernur nomor urut tiga, Pramono Anung menagih janji Ridwan Kamil (RK) soal rencana ingin membangun taman wisata kelas internasional serupa Disneyland sebagai calon gubernur Jakarta saat ini.

Pertanyaan itu disampaikan Pramono dalam sesi tanya jawab dalam debat kedua Pilgub Jakarta yang digelar di kawasan Ancol, Jakarta, Minggu (27/10) malam.

Pramono mengungkit janji RK ingin membangun Disney Land di Cikarang saat maju di Pilgub Jawa Barat pada 2018. Kini, sebagai cagub Jakarta RK juga mengungkap keinginannya membangun taman serupa Disneyland di Kepulauan Seribu.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Sekarang, menyampaikan akan bangun Disneyland di Pulau Seribu, sebenarnya akan dibangun di Cikarang atau Pulau Seribu?” Kata Pramono dalam debat yang disambut sorak sorai dari pendukungnya.

Merespons itu, RK tak menjawab dengan tegas. Namun menurut dia, seorang pemimpin yang memiliki banyak kerja, juga akan memiliki banyak catatan. Begitu pula sebaliknya.

Namun, yang lebih penting menurut dia, seorang pemimpin harus berani berimajinasi. RK menyadari semua keinginan tak bisa sepenuhnya bisa terealisasi karena harus berbenturan dengan realita bisnis.

Begitu pula dengan keinginannya membangun Disneyland saat menjadi gubernur Jawa Barat. Namun, prinsipnya seorang pemimpin kata dia harus berani berimajinasi.

“Kalau urusan Disneyland itu, iya dalam political will, tapi bisnisnya mungkin tidak masuk dan sebagainya. Tapi yang penting itu berusaha,” katanya.

Namun dia meyakini proyek Disneyland sangat mungkin direalisasikan di Kepulauan Seribu. Dia juga telah bertemu dengan sejumlah ahli yang menilai pembangunan special economic zone di Kepulauan Seribu sangat mungkin.

“Saya sudah bertemu beberapa pihaknya yang menyatakan sangat visible sehingga devisa bisa datang. Kelasnya nggak bisa kelas Ancol. Maka bahasa publik yang bisa disampaikan adalah naik kelas, dari kelas Ancol menjadi kelas dunia,” katanya.

Rencana keinginan membangun Disneyland disampaikan wakilnya, Suswono. Dia sebelumnya bilang proyek Disney akan membuat negara tetangga Singapura ketar-ketir.

“Menata Pulau Seribu, jadi Pulau Seribu mungkin nanti ada Disneyland dan sebagainya itu akan wilayah-wilayah yang mungkin akan menarik. Nah ini, Singapura ini ketar-ketir,” ujarnya beberapa waktu lalu.

(thr/DAL)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *