Prancis Cetak Rekor Infeksi Harian Covid, 179 Ribu Kasus Sehari



Jakarta, Indonesia —

Prancis mencatat rekor infeksi Covid-19 harian dengan penambahan sebanyak 179.807 kasus dalam 24 jam terakhir pada Selasa (28/11).

Lonjakan ini terjadi di tengah ancaman penyebaran Covid-19 varian Omicron dan memicu pemerintahan Presiden Emmanuel Macron memperketat perbatasan sosial mereka.

Di hari yang sama, Prancis juga melaporkan penambahan kasus kematian mencapai 290 orang. Angka ini membuat jumlah kematian akibat Covid-19 di negara itu lebih dari 123.000 kasus, seperti dikutip dari Reuters.

Pada Senin (27/12), pemerintah Prancis mengumumkan aturan pembatasan Covid-19 baru untuk menekan penyebaran virus corona. Aturan baru ini akan berlaku pada pekan depan dan diterapkan selama tiga pekan.

Aturan baru ini mewajibkan membatasi even besar hanya dapat mengumpulkan maksimal 2.000 orang untuk acara dalam ruangan, dan 5.000 orang untuk acara luar ruangan.

Masyarakat juga harus duduk kala mengikuti konser dan masyarakat yang mengunjungi bar tidak diperbolehkan berdiri, kata Perdana Menteri Prancis, Jean Castex.

Selain itu, Prancis juga melarang makan dan minum di bioskop, teater, fasilitas olahraga, dan transportasi publik, dikutip dari Associated Press.

Pemerintah juga mewajibkan kebijakan bekerja dari rumah setidaknya tiga hari dalam seminggu, tambah Castex.

Castex juga mengimbau masyarakat untuk tak mengikuti pesta dan makan malam besar di malam Tahun Baru. Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan masker, membuka ventilasi ruangan, dan mengikuti tes Covid-19 rutin.

Castex juga mengonfirmasi sekolah akan kembali dibuka pada Senin (3/12).

Meski ada pembatasan baru, Castex menilai Unit Perawatan Intensif (ICU) di rumah sakit di Prancis tak lagi penuh karena lebih dari 90 persen masyarakat dewasa negara itu telah divaksinasi.

Pemerintah Prancis juga berencana menerapkan ‘kartu vaksin’ yang hanya akan mengizinkan masyarakat penerima vaksin untuk masuk ke ruang publik, seperti restoran, bar, dan bioskop. Walaupun demikian, kebijakan ini masih dibicarakan parlemen.

(pwn/rds)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *