Profil Gibran Putra Jokowi, Wakil Presiden Termuda dalam Sejarah RI



Jakarta, Indonesia

Gibran Rakabuming resmi menjadi Wakil Presiden RI hari ini, Minggu (20/10). Ia dilantik bersama Presiden RI Prabowo Subianto.

Anak sulung Presiden RI ke-7 Joko Widodo itu tercatat menjadi wakil presiden termuda dalam sejarah di Indonesia.

Saat dilantik, Gibran berusia 37 tahun. Angka ini mengalahkan pemegang rekor wapres termuda sebelumnya Muhammad Hatta yang dilantik di usia 43 tahun.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Sebelum menjadi wapres, Gibran merupakan Wali Kota Surakarta pada 2021-2024.

Saat menjadi kepala daerah, dia memprioritaskan percepatan pemulihan ekonomi dan kesehatan di Surakarta.

Gibran bahkan sempat mengklaim pertumbuhan ekonomi di Solo naik ke 6,25 persen di bawah kendalinya. Saat pertama menjabat, ekonomi Solo minus 1,74 persen.

“Sekarang kita di Jawa termasuk paling tinggi karena pertumbuhan ekonominya 6,25 persen. Rata-rata nasional hanya 5,3 persen. Kita enggak main-main kalau dikasih amanah,” kata Gibran, pada April lalu.

Jauh sebelum menjadi wali kota, Gibran merupakan pengusaha. Dia memiliki sederet bisnis kuliner yang dirintisnya.

Beberapa diantaranya bisnis katering Chili Pari yang didirikan pada 2010, bisnis martabak Markobar pada 2015, bisnis kuliner berbahan dasar pasta Pasta Buntel, hingga bisnis makanan rice bowl Mangkok Ku.

Gibran juga sempat merambah bisnis bersama adiknya Kaesang Pangarep di industri board game dengan bergabung bersama Hompipa Games.

Kehidupan personal




Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka melambaikan tangan saat tiba menghadiri geladi bersih pelantikan presiden dan wakil presiden di Gedung Nusantara, kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Sabtu (19/10/2024). Geladi tersebut dilakukan untuk mempersiapkan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden masa bakti 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. ANTARA FOTO/Dhemas ReviyantoGibran Rakabuming saat menghadiri gladi bersih pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 di Kompleks DPR/MPR RI, Sabtu (19/10). (ANTARA FOTO/Dhemas Reviyanto)

Gibran lahir di Surakarta pada 1 Oktober 1987. Dia menyelesaikan pendidikan sembilan tahun pertamanya di Surakarta.

Gibran lalu melanjutkan ke Sekolah Menengah Orchid Park di Singapura.

Setelah itu, ia mendaftar di UTS Insearch program jalur preparatory course untuk belajar ke Universitas Teknologi Sydney, Australia.

Namun, dia memutuskan kembali ke Singapura dan memilih melanjutkan di Management Development Institute of Singapore (MDIS) pada 2010.

Pada tahun 2015, ia menikah dengan Selvi Ananda. Keduanya dikaruniai dua anak, yakni Jan Ethes Srinarendra dan La Lembah Manah.

(isa/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *