Profil Teuku Riefky Harsya, Putra Aceh Menteri Ekonomi Kreatif Prabowo



Jakarta, Indonesia

Teuku Riefky Harsya resmi diumumkan sebagai Menteri Ekonomi Kreatif dalam jajaran Kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029.

Pengumuman itu disampaikan oleh Presiden Prabowo Subianto pada Minggu (20/10) di Istana Merdeka Jakarta. Teuku Riefky Harsya sebelumnya muncul di kediaman Prabowo di Jalan Kertanegara Kebayoran Baru Jakarta Selatan pada Senin (14/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut profil Teuku Riefky Harsya, Menteri Ekonomi Kreatif Prabowo-Gibran.

Lahir pada 28 Juni 1972, Teuku Riefky Harsya merupakan salah satu politikus senior Partai Demokrat yang menjadi anggota DPR selama empat periode berturut-turut sejak 2005.

Pria yang akrab disapa Riefky tersebut adalah cucu dari T Abdul Hamid Azwar dan Cut Nyak Djariah yang merupakan penerima Bintang Mahaputera Nararya dan penyumbang salah satu pesawat pertama Indonesia, Avro Anson RI 004.


Lahir dan besar di Jakarta, putra pengusaha dan politikus Golkar Teuku Syahrul Mudadalam ini melanjutkan pendidikannya ke luar negeri dan sempat ingin terjun di dunia militer.

Pada 1990-1994, ia menempuh pendidikan sarjana Mass Communication di Millitary College of Vermont (US Army rotc) Norwich University, Amerika. Niat Riefky masuk dunia militer pun diurungkan dan memilih jalan pengusaha seperti ayahnya.

[Gambas:Video ]

Kurang dari usia 32 tahun, ia menjadi direksi di beberapa anak perusahaan milik Investment Group (Tbk) pada era 1990-an, Marketing Director Uninet Media Sakti Internet Service Provider, dan President Director Grandkemang Hotel Management.

Riefky mencoba peruntungan di dunia politik melalui partai besutan SBY, Partai Demokrat. Pada 2005, ia terpilih sebagai anggota pengganti antar waktu DPR RI periode 2004-2009 menggantikan Rusli Ramli yang meninggal dunia. Sejak saat itu, namanya selalu mewakili Aceh di Senayan.

Selain aktif di dunia politik, Riefky juga terlibat aktif dalam berbagai organisasi sosial kemasyarakatan diantaranya, Pengurus Pusat Asosiasi Penyedia Jasa Internet Indonesia (APJII) dan Wakil ketua bidang Investasi Persatuan Hotel & Restoran Indonesia (PHRI).




Teuku Riefky HarsyaTeuku Riefky Harsya resmi diumumkan sebagai Menteri Ekonomi Kreatif dalam jajaran kabinet pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka 2024-2029. (Arsip Istimewa)

Kemudian ada juga sebagai Wakil Ketua Bidang Minyak & Gas Kamar Dagang Indonesia, Ketua umum Insan Muda Demokrat Indonesia (IMDI), Wakil Komandan I KOGASMA (Tim Pemenangan DPP Partai Demokrat), dan Wakil Ketua Umum Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran.

Sementara itu, Riefky yang kini menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP Patai Demokrat tersebut menjadi salah satu dari orang yang dipanggil Presiden terpilih Prabowo Subianto ke Kertanegara pada Senin (14/10).

Dalam pertemuan itu, Riefky mengaku diajak berdiskusi oleh Prabowo untuk ikut membantu dengan bergabung dalam kabinet. Ia lantas mengaku siap membantu dan menyerahkan sepenuhnya penempatan dirinya kepada Prabowo.

“Kami menyampaikan bahwa kami siap membantu beliau, visi besar beliau terhadap bangsa dan negara ini. Tentu mengenai penempatannya kami serahkan kepada beliau,” jelasnya.

Lebih lanjut, ia mengaku dirinya juga banyak berdiskusi dengan Prabowo terkait kesempatan bagi anak muda untuk terus berkreasi agar dapat menjadi SDM yang berkualitas.

“Tentunya harus didukung agar juga nenjadi sumber daya manusia yang berkualitas dan tentunya juga bisa menyumbangkan juga terhadap PPDB kita.” kata Riefky.

(kes/end)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *