Profil Veronica Tan, Wakil Menteri PPPA di Kabinet Merah Putih



Jakarta, Indonesia

Presiden RI Prabowo Subianto menunjuk Veronica Tan sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA).

Perempuan yang akrab disapa Vero ini nantinya akan bekerja sama dengan Menteri PPPA Arifatul Choiri Fauzi untuk menangani masalah-masalah seputar perempuan dan anak di Indonesia.

Nama Veronica Tan sendiri sudah tidak asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Dia cukup dikenal saat masih menjadi istri Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang kala itu menjabat sebagai Wakil Gubernur hingga menjadi Gubernur DKI Jakarta.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Setelah bercerai dengan Ahok, perempuan yang lahir di Medan, 4 Desember 1977 itu masih aktif dalam sejumlah kegiatan dan bisnis.

Lini bisnisnya yang cukup besar hingga saat ini adalah bisnis daging sapi impor yang diberi nama Aplha Agro Indonesia yang dirintis sejak 2018 lalu.

Bisnis tersebut saat ini telah merambah beberapa wilayah di Indonesia mulai dari Bali, Surabaya, Banjarmasin, hingga Medan.

Tak hanya bisnis makanan, Veronica juga membangun lini bisnis di bidang kesehatan yang fokus utamanya adalah home care service. Bisnis yang diberi nama Love Care ini dibangun pada 2019 lalu.

Bisnis ini menawarkan berbagai layanan, mulai dari baby sitter hingga menjaga orang sakit yang dilakukan oleh para tenaga profesional bersertifikat.

Punya fokus pada perempuan dan anak

Nama Vero sendiri telah dikenal akan fokusnya terhadap perempuan dan anak.

Saat menjadi Ketua Tim Penggerak PKK DKI Jakarta, misalnya, ia memimpin berbagai program untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga, utamanya yang menyasar perempuan.

Vero mendorong pemberdayaan ekonomi bagi perempuan melalui pelatihan keterampilan. Ia juga mempromosikan kesehatan ibu dan anak.




Veronica Tan (kanan) berdiri saat dipanggil Presiden Prabowo Subianto dalam pengumuman jajaran menteri Kabinet Merah Putih di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10/2024). Veronica Tan terpilih sebagai Wakil Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) dalam kabinet itu. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak AVeronica Tan ditunjuk menjadi Wakil Menteri PPPA dalam Kabinet Merah Putih. (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Vero juga menaruh perhatian pada anak dengan mendirikan Yayasan Waroeng Imaji. Organisasi non-profit ini dibuat khusus untuk mendukung anak-anak yang tinggal di rumah susun di kawasan Jakarta.

Dia bahkan pernah mengajak 200 anak yang tinggal di rusun untuk tampil dalam operet berjudul Aku Anak Rusun-Selendang Arimbi. Operet ini merupakan cara Veronica mendorong impian anak-anak yang memiliki minat dalam seni teater, musik, dan pertunjukan.

Veronica juga pernah menjabat sebagai Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) DKI Jakarta.Lewat organisasi ini, Vero berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat tentang deteksi dini penyakit kanker, utamanya kanker serviks dan payudara yang kerap menyerang perempuan.

(tst/asr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *