Profil Widiyanti Putri Wardhana, Menteri Pariwisata di Kabinet Prabowo




Jakarta, Indonesia

Dalam pengumuman resmi nama-nama menteri dan wakil menteri yang disampaikan Presiden Prabowo Subianto di Istana Merdeka, Jakarta, Minggu (20/10) malam WIB, nama Widiyanti Putri Wardhana, ditunjuk sebagaiĀ Menteri Pariwisata atau Menpar.

Sebelumnya pada Senin (14/10) lalu, Widiyanti juga salah satu sosok yang datang ke kediaman Prabowo Subianto di Jalan Kertanegara IV, Jakarta Selatan, yang merupakan sinyal akan masuk kabinet Merah Putih pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming.

Lalu, siapa sebenarnya Widiyanti Putri Wardhana, yang dipercaya Prabowo menjadi Menpar? Wanita yang akrab disapa Widi ini adalah putri dari konglomerat Wiwoho Basuki Tjokronegoro, yang terjun di sektor energi dan batu bara melalui PT Indika Energy Tbk, PT Cirebon Elektrik Power, dan PT Kieco Jaya Agung.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di sisi lain, Widiyanti juga merupakan istri dari Wishnu Wardhana, pengusaha yang menjabat Direktur Utama PT Teladan Prima Agro (TPA). Sementara Widiyanti sejak 2021, menjabat sebagai Komisaris di PT Teladan Prima Agro.

Dikutip dari Teladan Resources, Widiadalah profesional di bidang bisnis, investor, hingga filantropis, yang telah menjadi pengusaha lebih dari 30 tahun.

PT Teladan Prima Agro sendiri perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan perkebunan dan pabrik kelapa sawit yang memulai operasinya pada tahun 2004 di Kalimantan Timur.

Widiyanti meraih gelar Bachelor of Science di bidang Administrasi Bisnis dari Pepperdine University. Malibu, California pada tahun 1993. Dia dikenal berpengalaman menjadi pengusaha.

Selain aktif berbisnis, Widi juga punya aktivitas di bidang sosial, salah satunya sebagai Sekretaris Jenderal Yayasan Jantung Indonesia (YJI) untuk periode 2018-2024.

Dia berperan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan penyakit jantung dan pembuluh darah. Widi juga terlibat Ketua Yayasan Teladan Utama dan Dewan Pengawas Yayasan Kawula Madani yang fokus pada kesejahteraan masyarakat.

Kini, tugas besar menanti Widiyanti, yang menjadi suksesor Sandiaga Uno, kala masih disebut Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Widiyanti akan membantu pemerintahan Prabowo-Gibran selama lima tahun ke depan memajukan sektor pariwisata tanah air.

Bukan hanya mendatangkan lebih banyak wisatawan mancanegara ke Indonesia, Menteri Pariwisata juga bisa bersinergi dengan kementerian lain membangun destinasi pariwisata selevel Bali, dengan aksesibilitas, amenitas, dan promosi yang optimal. Tugas Widiyanti sendiri akan dibantu Ni Luh Puspa, jurnalis TV yang ditunjuk menjadi Wakil Menteri Pariwisata pemerintahan Prabowo-Gibran.

(wiw)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *