Program Dharma Pongrekun untuk Ibu Menyusui: Banyak Makan Daun Katuk




Jakarta, Indonesia

Calon gubernur DKI Jakarta nomor urut dua, Dharma Pongrekun menyarankan agar ibu menyusui banyak makan daun katuk agar tak kekurangan air susu.

Pernyataan itu disampaikan Dharma saat menjawab pertanyaan panelis soal program untuk kesehatan ibu dan anak dalam debat kedua Pilgub DKI Jakarta, Ancol, Jakarta, Minggu (27/10) malam. Menurut Dharma, daun katuk baik agar air susu ibu (ASI) terus mengalir tanpa disedot.

“Bahwa perlu disiapkan seorang ibu agar air susunya lancar itu dengan banyak makan daun katuk. Sehingga tidak perlu lagi memaksakan disedot air susu ibunya,” kata Dharma dalam paparannya.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dharma juga mendorong agar seorang ibu menyusui diberikan waktu seluas-luasnya dan tempat bagi seorang ibu untuk menyusui, bahkan termasuk saat bekerja. Dia mendorong agar semua perusahaan di Jakarta memberikan ruang khusus untuk ibu menyusui.

“Ada tempat-tempat yang perlu disiapkan di serupa perusahaan atau pabrik sehingga si ibu bisa punya waktu untuk menyusui anaknya. Dan kalau diberikan libur atau cuti bisa bekerja dari rumah,” kata dia.

Sama halnya dengan Dharma, Paslon nomor urut 1, Ridwan Kami maupun nomor urut 3, Pramono Anung mendorong lingkungan yang ramah bagi ibu menyusui.

Menurut RK, kesehatan bagi seorang ibu dan bayinya harus disiapkan sejak mengandung. Hal itu penting untuk mencegah stunting anak. RK karenanya akan memberikan alokasi anggaran khusus bagi ibu yang menyusui.

“Kita akan memberikan subsidi dari berbagai dukungan kartu. Sehingga mendapat suplai berupa gizi baik selain air susu ibu yang menjadi kebutuhan,” katanya.

Sementara, Pramono menilai bahwa kesehatan ibu dan anak yang menyusui telah diatur tegas dalam RUU Kesejahteraan Ibu dan Anak. Dia karena itu akan melakukannya dalam sejumlah program konkret.

“1000 hari pertama merupakan waktu penting untuk itu, apa aksi yang harus dilakukan? Kami mendorong day care. Kedua ada ruang untuk laktasi. Ketiga posyandu,” katanya.

(thr/DAL)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *