Projo Buka Suara soal Kemungkinan Jadi Partai Usai Jokowi Purnatugas




Jakarta, Indonesia

Organisasi relawan Joko Widodo, Projo, merespons kemungkinan bertransformasi menjadi partai politik usai Jokowi purnatugas sebagai presiden.

Bendahara Umum (Bendum) Projo Panel Barus menegaskan organisasinya membuka diri untuk bertransformasi, baik perubahan bentuk organisasi ataupun strategi dan taktik perjuangan. Namun, kata dia, perubahan itu sepenuhnya bergantung pada sejumlah hal. 

“Kalau Projo menjadi partai atau tidak, itu tergantung pertama-tama sepenuhnya pada keinginan rakyat. Kedua, transformasi apapun dalam tubuh Projo akan dibicarakan dan dibahas pada forum kongres. Kongres sebagai mekanisme pengambilan keputusan tertinggi. Jadi, enggak bisa perubahan itu diputuskan satu orang saja,” kata Panel kepada Indonesia.com, Minggu (27/10). 


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pertimbangan terakhir adalah sosok Joko Widodo. Menurut Panel, ada fakta Jokowi masih disukai rakyat walaupun telah purnatugas.

Meski demikian Panel kembali menegaskan bahwa keputusan perubahan Projo akan ditentukan lewat kongres ketiga nanti.

“Semua itu akan dibicarakan dan diputuskan di kongres, karena di forum itulah kedaulatan para anggota Projo dalam menentukan arah Projo ke depan,” kata dia.

Kongres III Projo rencananya akan digelar pada Desember 2024. Panel mengaku belum mengetahui pasti lokasi kongres Projo nanti. Namun, dia memastikan kongres akan mengusung tema soal transformasi Projo. 

Panel juga memastikan Projo akan berkonsultasi terlebih dulu dengan Jokowi sebelum menggelar kongres. Selain itu, Projo akan meminta arahan kepada Presiden Prabowo Subianto.

“Karena bagaimanapun Pak Jokowi adalah ketua dewan pembina Projo. Itu ada di AD/ART kami, tercatat di Kumham. Tentu kami akan konsultasi dengan Jokowi dan minta arahan Presiden Prabowo,” kata Panel.

“Yang jelas, kongres tiga Projo sudah pasti isu utamanya adalah transformasi Projo. Kami bisa saja berubah bentuk organisasi, berubah strategi taktik. Wajar organisasi berubah karena situasinya berubah, objektifnya berubah dan tantangan juga berubah dari kongres satu hingga tiga nanti,” kata dia. 

Sebelumnya, Jokowi hari ini juga berbicara soal isu perubahan Projo menjadi partai. Jokowi mengaku menyerahkan sepenuhnya hal itu kepada Projo.

“Ya terserah Projo,” kata Jokowi ditanya mengenai harapan Projo ke depan jadi parpol atau relawan di Soto Triwindu, dilansir detikJateng, Minggu (27/10).

(tim/wis)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *