Rachel Vennya Divonis, Netizen Bandingkan dengan Nenek Asyani



Jakarta, Indonesia —

Media sosial Twitter diramaikan dengan sejumlah cuitan yang membandingkan vonis pada kasus Nenek Asyani dan seleb Rachel Vennya.

Rachel Vennya sendiri diberi hukuman percobaan selama delapan bulan karena kasus pelanggaran aturan karantina Covid-19.

Namun pada putusan tersebut, wanita yang kerap disapa Buna tersebut tidak dipenjara. Rachel Vennya baru akan dipenjara selama empat bulan jika melakukan tindak pidana selama masa percobaan delapan bulan.

Di lain tempat, kasus Nenek Asyani yang bergulir 2014 silam menuntut Nenek Asyani atas kasus pencurian kayu milik Perhutani Situbondo, Jawa Timur.

Kala itu Nenek Asyani dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman penjara satu tahun dengan masa percobaan 15 bulan.

Perdebatan dimulai dari cuitan-cuitan yang membandingkan kesopanan Nenek Asyani dan Rachel Vennya.

Pasalnya Rachel Vennya disebut mendapat keringanan karena bersikap sopan dalam persidangan. Sedangkan Nenek Asyani yang sampai berlutut di persidangan tidak mendapat keringanan.

Ungkapan tersebut salah satunya disampaikan oleh @aik_arif yang menyebut lebih sopan mana Nenek Asyani dan Rachel Vennya dalam persidangan.

“Lebih sopan mana dengan nenek Asyani, didakwa mencuri dua kayu jati Perhutani untuk dipan tempat tidurnya, membela diri dengan mengatakan itu pohon yang ditanamnya bersama suami sambil bersimpuh di depan hakim, dan tetap dihukum 1 tahun,” tulisnya pada Minggu (12/12).

Indonesia.com sebelumnya telah meminta izin untuk mengutip cuitan @aik_arif.

Senada dengan cuitan tersebut, netizen lain juga menyebut hal ini sebagai ironi seraya menjelaskan kasus keduanya.

“Rachel Vennya divonis bersalah kabur dari karantina usai pulang dari AS. Padahal mengaku memberi suap, tapi tak ditahan. Nenek Asyani nanam pohon, hanya ambil batangnya buat kayu bakar, udah sujud minta maaf depan hakim, masih di vonis dan dipenjara 1 thn. NEGERI IRONI,” tulis @RajaTemlen dalam cuitannya pada Senin (13/12).

Simak respons menarik netizen lainnya di halaman berikutnya..


Netizen Pertanyakan Sopan Seperti Bagaimana?


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *