Ramai-ramai Negara Arab Kutuk Serangan Israel ke Iran




Jakarta, Indonesia

Sejumlah negara Arab mengutuk serangan Israel ke Iran pada Sabtu (26/10) dini hari tadi. Mereka mendesak kedua belah pihak menyetop aksi saling serang untuk meredakan ketegangan di timur tengah.

Pemerintah Mesir mengutuk serangan itu. Mereka mendorong penyelesaian konflik di Gaza, Palestina dengan gencatan senjata dan pelepasan para tahanan.

“Mengutuk semua aksi yang mengancam keamanan dan stabilitas kawasan,” kata Pemerintah Mesir dilansir Aljazeera, Sabtu (26/10).


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Arab Saudi juga mengutuk serangan Israel ke Iran. Saudi mengatakan serangan itu melanggar kedaulatan Iran dan hukum-hukum internasional.

Saudi juga mendorong semua pihak untuk mendorong perdamaian. Mereka ingin ada upaya dari semua pihak untuk mengurangi eskalasi konflik.

“Kerajaan menyatakan posisi tegas dalam menolak eskalasi yang berlanjut di kawasan dan perluasan konflik yang mengancam keamanan dan kestabilan negara-negara dan masyarakat di kawasan,” ujar Pemerintah Arab Saudi.

Kutukan terhadap aksi Israel serang Iran juga datang dari Uni Emirat Arab, Kuwait, dan Hamas.

Sementara itu, negara-negara barat seperti Amerika Serikat dan Inggris lebih mendesak Iran untuk tak melancarkan serangan balasan. Mereka beranggapan serangan balasan justru akan memperkeruh suasana.

“Kami mendesak Iran untuk melakukan gencatan senjata terhadap Israel sehingga siklus pertarungan bisa berakhir tanpa eskalasi berlanjut,” kata Juru Bicara Dewan Keamanan Nasional Amerika Serikat Sean Savett.

(dhf/sfr)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *