Ratusan Baliho Terima Kasih Siap Sambut Kepulangan Jokowi di Solo




Surakarta, Indonesia

Ratusan baliho dan rontek berisi ucapan terima kasih siap menyambut Presiden Joko Widodo yang dijadwalkan pulang ke kampung halamannya di Solo, Minggu (20/10).

Beragam media luar ruang itu berjajar di sepanjang jalan yang akan dilalui Presiden Jokowi dari Bandara Adi Soemarmo di Kabupaten Boyolali via Colomadu, Kabupaten Karanganyar, hingga kediaman pribadinya di Kelurahan Sumber, Solo.

Pantauan Indonesia.com, ratusan baliho dan rontek tersebut menampilkan gambar Jokowi, Prabowo Subianto, dan Gibran Rakabuming Raka.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di bawahnya tertulis “Terima Kasih Jokowi (2014-2024), Selamat Bekerja Prabowo-Gibran (2024-2029)”. Relawan Pro Jokowi (Projo) tercantum sebagai identitas pemasang.

Saat dikonfirmasi, Ketua DPC Projo Solo, Tego Widarti mengakui pihaknya telah memasang baliho tersebut sejak beberapa hari yang lalu.

Baliho dan rontek tersebut dipasang atas instruksi Ketua Umum Projo, Budi Arie Setiadi yang kini menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo).

“Sejauh ini kami mendapat tugas dari pusat untuk pemasangan ucapan datang, selamat matur suwun (terima kasih) Pak Jokowi, selamat bekerja Prabowo-Gibran. Itu kami yang memasang,” kata dia saat dihubungi, Kamis (17/10).

Widarti yang biasa dipanggil Wiwin itu menyebut jumlah baliho dan rontek yang dipasang mencapai 350 unit. Reklame luar ruang itu didirikan di sepanjang rute kepulangan Presiden Jokowi dari Bandara Adi Soemarmo hingga kediaman pribadinya di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo.

“Selain itu di setiap kecamatan di Solo juga kita pasang,” kata dia.

Wiwin menambahkan para relawan juga berencana untuk menyambut langsung kedatangan Jokowi setelah lengser dari jabatan Presiden. Mereka akan berjajar di sepanjang jalan yang akan dilalui Presiden Jokowi dari Kabupaten Boyolali, Karanganyar, hingga Kota Solo.

“Itu bukan Projo saja. Masyarakat dari semua kota, kabupaten yang dilalui semua jadi satu,” kata dia.

Sebelumnya, kelompok relawan Alap-alap Jokowi (AAJ) juga sudah memasang baliho di salah satu titik komersial di Jalan Adi Sucipto, Desa Blulukan, Kecamatan Colomadu, Karanganyar. Lokasinya hanya beberapa ratus meter dari rumah pemberian negara untuk Presiden Jokowi yang sedang dibangun.

Ketua Umum AAJ, Muhammad Isnaini mengatakan baliho di Solo merupakan satu-satunya titik komersial yang dipasang AAJ. Di daerah lain, pihaknya hanya memasang baliho dengan penyangga bambu.

“AAJ hampir 80 persen ikut memasang meski hanya MMT dengan bambu. Kita memasang di Jateng, Jatim, Jabar terutama. Sebagian ada di Indonesia Timur dan Lampung,” kata dia.

Sampai saat ini AAJ tidak merencanakan kegiatan khusus untuk menyambut kepulangan Presiden Jokowi. Mereka hanya berkumpul di depan De Tjolomadoe, Karanganyar.

“Kita relawan kecil, enggak banyak. Paling ya seratusan. Kita akan berbaur dengan warga,” kata dia.

(syd/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *