Regenerasi Mutlak Dilakukan di Muktamar NU



Jakarta, Indonesia —

Ketua Umum Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) Yaqut Cholil Qoumas menegaskan bahwa regenerasi kepemimpinan Nahdlatul Ulama (NU) mutlak dilakukan pada forum Muktamar NU ke-34 di Lampung.

Dukungan itu ia utarakan berdasarkan keputusan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) GP Ansor beberapa waktu lalu.

“Sebagai Ketua Umum GP Ansor sikap saya atas pilihan di Muktamar NU 17-19 Desember 2021, sangat jelas, karena didasarkan pada keputusan Rakornas. Regenerasi mutlak dilakukan,” kata Yaqut dalam cuitannya di akun Twitter resmi miliknya @YaqutCQoumas yang dikutip Senin (6/12).

Yaqut lantas mengingat pesan ayahnya, Cholil Bisri yang mengajarkan untuk tak bertentangan dengan sesama saudara. Cholil Bisri, yang di sapa Yaqut dengan panggilan Abah itu menganjurkan untuk mendukung sesama saudara sebisanya.

Meski demikian, Yaqut tak membeberkan siapa saudara yang harus didukungnya itu. Namun, kakak kandung Yaqut, Yahya Cholil Staquf sudah menyatakan maju sebagai Calon Ketua Umum PBNU di Muktamar ke-34 mendatang.

“Sebagai saudara kandung muda, Allahyarham Abah mengajarkan untuk tidak menentang dan bertentangan sesama saudara. Apalagi saudara lebih tua. Ikuti dan dukung sebisanya,” kata dia.

Di sisi lain, Yaqut menegaskan tak akan terlibat dalam kontestasi Muktamar NU karena statusnya sebagai Menteri Agama atau pembantu Presiden. Sebab, tugas pemerintah sudah semestinya bersifat fasilitasi atas kegiatan dan dinamika organisasi kemasyarakatan.

“Kalau sampai di sini nggak paham juga, mungkin kita perlu ngopi lebih banyak dan piknik lebih jauh,” lanjut Yaqut.

Sampai saat ini, terdapat dua kandidat calon Ketum PBNU yang diprediksi akan maju pada Muktamar ke-34 NU di Lampung. Mereka adalah Ketum PBNU petahana, Said Aqil Siraj dan Katib Aam PBNU Yahya Cholil Staquf

Muktamar ke-34 NU sedianya akan digelar pada 23-25 Desember 2021 di Lampung. Namun, pelaksanaan muktamar itu kemungkinan bakal mundur atau maju lantaran pemerintah menerapkan PPKM level 3 di seluruh Indonesia pada libur Natal dan Tahun Baru.

(rzr/gil)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *