RI Kecam PBB soal Veronica Koman sampai Omicron Hantui Natal di Eropa



Jakarta, Indonesia —

Indonesia mengecam tudingan PBB soal intimidasi Veronica Koman dan lonjakan Covid-19 varian Omicron menghantui libur Natal dan Tahun Baru di Eropa meramaikan berita internasional selama akhir pekan.

Banjir bandang terjang Malaysia hingga korban topan Rai di Filipina bertambah juga terjadi selama akhir pekan kemarin.

Berikut kilas berita internasional selama Sabtu (18/12) dan Minggu (19/12).

Indonesia mengatakan bahwa pernyataan dari pelapor Khusus Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk urusan Hak Asasi Manusia (HAM), Mary Lawlor, terkait aktivis HAM Veronica Koman merupakan pernyataan yang tak berdasar dan menyesatkan.

“Indonesia mengutuk pernyataan yang tidak berdasar dan menyesatkan yang dibuat oleh Pelapor Khusus tentang Situasi Pembela HAM, Mary Lawlor melalui siaran pers berjudul ‘Indonesia: Hentikan pembalasan terhadap pembela hak asasi manusia’, yang diterbitkan tanggal 15 Desember 2021,” kata PTRI Jenewa dalam media rilis, Jumat (16/12).

Indonesia menilai judul dan alinea pertama dari rilis informasi dari Lawlor menyesatkan.

“Judul dan alinea pertama dari rilis berita Pelapor Khusus tersebut sendiri sangat menyesatkan. Hal ini menyiratkan bahwa Pemerintah Indonesia terlibat dalam melakukan ‘ancaman, intimidasi, dan pembalasan terhadap pembela hak asasi manusia Veronica Koman’ (VK), oleh karena itu harus ‘segera menghentikan’ tindakan tersebut.”

Jumlah korban tewas akibat akibat Topan Rai yang menerjang Filipina bertambah menjadi 108 orang berdasarkan data resmi pemerintah.

Penyaluran bantuan terutama air dan makanan pun terus ditingkatkan ke sejumlah daerah terdampak Topan Rai.

Dikutip dari AFP, tambahan jumlah korban tewas itu keluar tak lama setelah Gubernur Bogor Arthur Yap menyebut korban tewas di wilayahnya mencapai 72 orang. Dengan jumlah itu, maka total korban tewas berdasarkan data pemerintah menjadi 108 orang.

Topan Rai dengan kecepatan angin mencapai 195 kilometer per jam itu menerjang sejumlah wilayah di Filipina sejak Kamis lalu.

Bohol jadi salah satu daerah paling parah dihantam Topan Rai. Daerah lain dengan dampak kerusakan parah akibat Topan Rai ada di pulau Siargao, Dinagat, dan Mindanao.

Virus corona varian Omicron menyebar dengan cepat di Italia. Italia melaporkan total 84 kasus varian Omicron pada Sabtu (18/12), meningkat dari 55 kasus pada Jumat (17/12).

Institut Kesehatan Italia (ISS) mengatakan bahwa tambahan 33 kasus ditemukan di wilayah Lombardy, dan 20 kasus lain ditemukan di Campania.

Negara Eropa pun semakin dihantui ancaman varian Omicron dan lonjakan Covid-19 di saat libur Hari Natal dan Tahun Baru ini.

Belanda sudah menyatakan lockdown semasa libur Natal dan Tahun Baru demi mengatasi penyebaran cepat Covid-19 varian Omicron. Kebijakan seperti ini kemungkinan diikuti berbagai negara lain di Eropa dan Amerika Serikat.

Di Amerika Serikat, penasehat kesehatan Gedung Putih, Anthony Fauci, meminta warga yang ingin mengunjungi rumah keluarga agar mendapatkan booster vaksin Covid-19 lebih dulu dan diimbau selalu mengenakan masker di area publik.

Lebih dari 22 ribu orang dievakuasi akibat banjir yang menerjang sejumlah wilayah di Malaysia. Banjir yang terjadi sejak Jumat (17/12) ini menjadi banjir yang terburuk dalam beberapa tahun terakhir.

Hujan deras menyebabkan sungai meluap, merendam banyak daerah, dan memutus sejumlah jalan utama.

Hingga saat ini, pemerintah secara resmi mencatat sebanyak 22 ribu warga di delapan negara bagian Malaysia telah dievakuasi.

Sebagian besar di antaranya, sebanyak lebih dari 10 ribu, berada di negara bagian Pahang.

(rds)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *