Ridwan Kamil Buka Peluang Jadi Kader Parpol Pertengahan Tahun Depan



Jakarta, Indonesia —

Gubernur Jawa Barat (Jabar), Ridwan Kamil (RK) atau yang akrab dipanggil Emil mengaku sedang mencari partai politik untuk kepentingan dua periode jabatan gubernur atau pun ‘pemimpin nasional’.

Emil sendiri sudah menjabat sebagai gubernur Jabar sejak 2018 dan akan habis pada 2023.

Emil mengaku merasa lebih mantap saat kembali mencalonkan diri sebagai calon Gubernur Jawa Barat jika ia mendapatkan dukungan partai politik.

“Iya, sedang mencari-cari [partai], karena memang untuk kepentingan maju dua periode (gubernur) pun saya putuskan lebih mantap jika berpartai,” kata Emil saat ditemui awak media di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (9/12).

Selain akan mendapat dukungan DPRD, Emil juga memandang bergabung dengan partai politik merupakan pilihan yang paling realistis.

Di sisi lain, kata Emil, ia harus bergabung dengan partai jika terdapat pihak yang meminangnya untuk mencalonkan diri sebagai calon presiden atau wakil presiden 2024.

Emil memperkirakan akan bergabung partai pada pertengahan tahun depan. Meski demikian, ia mengaku belum mengetahui akan mengajukan diri sebagai Gubernur Jawa Barat dua periode atau sebagai capres/cawapres. Menurutnya, hal itu tidak bisa diperkirakan dengan perhitungan matematis.

“Di luar kalau ada yang meminang memang ke pemimpin nasional ya juga posisinya juga lebih baik harus sudah berpartai. Mungkin di pertengahan tahun depan begitu,” ujar Emil.

Lebih lanjut, Emil mengaku sejauh ini komunikasi yang ia lakukan dengan beberapa partai politik berlangsung baik. Ia telah bersua dengan Ketua Umum Partai amanat Nasional (PAN), Zulkifli Hasan beberapa waktu lalu dan dengan Ketua Umum Partai Golkar, Airlangga Hartarto dalam waktu sebelumnya.

Menurutnya, dalam politik, hubungan baik merupakan hal yang penting.

“Semuanya baik-baik. Kemarin Pak Zul ke Bandung, Pak Airlangga dulu dan semuanya dijaga hubungan baik. Dalam politik hubungan baik itu penting,” ujar Emil.

(iam/DAL)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *