Sandiaga Berdayakan Pemuda di Desa Wisata Detusoko Barat



Jakarta, Indonesia —

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyerahkan bantuan berupa alat musik dan alat pertukangan kepada anak-anak muda di Desa Wisata Detusoko Barat, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Rabu (1/12).

Hal itu dilakukan Sandiaga di sela penetapan Desa Wisata Detusoko Barat sebagai salah satu dari 50 desa wisata terbaik dalam ajang Anugerah Desa Wisata (ADW) 2021. Tak hanya plakat serta paket CHSE yang diberikan kepada pengelola desa, pada saat bersamaan sejumlah alat musik turut diterima oleh Sanggar Daudole.

Sandiaga mengatakan, penyerahan plakat menandai rasa syukur sekaligus terima kasih atas perjuangan masyarakat Desa Wisata Detosoko Barat dalam upaya menghadirkan destinasi wisata terbaik. Sementara, alat musik dan alat pertukangan merupakan bentuk dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

“Apresiasi peralatan musik juga diberikan kepada grup musik yang ada di sini yaitu grup musik Sanggar Daudole, kita hadirkan untuk membantu destinasi wisata ini menarik untuk wisatawan,” ungkap Sandiaga.

Menurut dia, alat-alat pertukangan seperti bor, gergaji mesin, hingga grinda listrik yang diserahkan sekaligus dapat digunakan untuk menciptakan peluang usaha dan membuka lapangan kerja.

Sandiaga menyebut, ekonomi kreatif berbasis penambahan nilai, kreativitas, dan inovasi yang dibungkus dalam Hak Kekayaan Intelektual membutuhkan alat bantu produksi. Sehingga, kalangan muda khususnya dapat berkreasi.

“Saya ingin mendorong desa-desa ini untuk menjadi desa kreatif, selain memiliki daya tarik alam dan budaya. Alhamdulillah kita langsung gerak cepat, jadi hari ini kita hadirkan alat-alat ini, bantuan alat-alat musik untuk sanggar agar semakin maju Desa Wisata Detusoko Barat ini. Harapannya ekonomi bangkit, lapangan kerja tercipta di sini,” ujarnya.

Penyerahan beragam bantuan tersebut diapresiasi secara langsung oleh Bupati Ende Djafar H Achmad. Dia berharap, bantuan tersebut dapat memberi manfaat kepada masyarakat Desa Wisata Detusoko Barat.

“Terima kasih kepada Bapak Menteri yang sudah datang ke tempat ini. Datang ke tempat ini membuat kami bangga,” katanya.

(rea)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *