Satgas Cartenz Tangkap Penyuplai Senjata ke Pimpinan KKB Jemmy Magai




Jakarta, Indonesia

Satgas Operasi Damai Cartenz menangkap pelaku yang kerap menyuplai senjata api beserta amunisi kepada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Paniai, pimpinan Jemmy Magai Yogi.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani menyebut pelaku penyuplai senjata api yang berhasil ditangkap merupakan warga sipil bernama Maais Herlik Imburi yang berusia 80 tahun.

Faizal mengatakan Maais ditangkap pihaknya di Nabire, Papua Tengah, pada Sabtu (19/10) kemarin, usai pihaknya terlebih dahulu melakukan penangkapan terhadap Jemmy Magai Yogi.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Ini merupakan hasil pengembangan pemeriksaan Penyidik satgas Ops Damai Cartenz-2024 terhadap Pimpinan KKB Paniai, Jemmy Magai Yogi,” jelasnya.

Dalam penangkapan Maais itu, penyidik turut menyita sejumlah barang bukti berupa 55 butir peluru yang terdiri dari Kaliber 5,56 mm sebanyak 37 butir dan Kaliber 38 mm sebanyak 18 butir.

Selain itu penyidik juga turut menyita 33 butir peluru Senapan Angin jenis PCP, 2 kartu ATM Bank Papua, serta sejumlah uang tunai dalam bentuk Rupiah hingga mata uang asing berupa Ringgit, Won, dan Peso.

Sementara itu, Faizal menyebut ditempat terpisah pihaknya juga turut menangkap tiga anggota KKB Yahukimo, Papua Pegunungan, saat hendak melakukan pembelian senjata pada hari yang sama.

“Anggota KKB Enes Dapla dan dua rekannya ditangkap saat berboncengan menggunakan motor melintasi perempatan jalan menuju Jalan Gunung, Yahukimo,” ujarnya.

Pada saat penangkapan, Faizal mengatakan penyidik turut mendapati adanya sejumlah uang tunai hasil rampasan para pelaku dari Kepala Kampung untuk pembelian senjata api dan amunisi.

“Dari tangan para pelaku, ditemukan barang bukti berupa uang dan surat edaran berisi instruksi penggalangan dana dari Desa untuk mendukung Papua Merdeka dan pembelian senjata dan Amunisi,” jelasnya.

Ia menjelaskan surat pembelian senjata itu ditandatangani oleh Elkius Kobak, yang merupakan Pimpinan KKB Kodap XVI wilayah Yahukimo, Papua Pegunungan.

“Saat ini, penyelidikan terhadap Enes Dapla dan dua rekannya masih berlangsung di Posko Satgas Ops Damai Cartenz-2024 wilayah Yahukimo,” tuturnya.

Sebelumnya Satgas Operasi Damai Cartenz menangkap Jemmy Magai Yogi selaku pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) wilayah Paniai, pada Rabu (16/10) kemarin.

Kepala Operasi Satgas Damai Cartenz Brigjen Faizal Ramadhani mengatakan penangkapan terhadap Kepala Staf Angkatan Darat West Papua Army (WPA) itu dilakukan tim gabungan di depan Kantor DPRD Dogiyai sekitar pukul 16.16 WIT.

“Kami kemudian melakukan pencegatan di wilayah Dogiyai dan berhasil menangkap tersangka bersama dengan sembilan orang lainnya,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Kamis (17/10).

Faizal mengatakan Jemmy bersama sembilan tersangka lainnya ditangkap saat sedang membawa ratusan amunisi dengan menggunakan mobil Hilux Double Cabin berwarna putih dengan nomor polisi PA 1646 HL.

Berdasarkan hasil penggeledahan, ia menyebut, ditemukan sebanyak 104 butir amunisi peluru yang terdiri dari 56 butir kaliber 5,56 mm dan 48 butir kaliber 7,62 mm.

(tfq/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *