Sayang Istri, Pria di India Bangun Replika Taj Mahal



Jakarta, Indonesia —

Seorang pria di India yang sangat mencintai istrinya – sekaligus mencintai sejarah – telah membuat replika bangunan tanda cinta Taj Mahal.

“Monumen Cinta” yang asli dibangun atas perintah kaisar Mughal Shah Jahan yang patah hati sebagai makam istri kesayangannya, Mumtaz, pada abad ke-17.

Meski demikian istri sang pria pembangun replika Taj Mahal, Anand Prakash Chouksey, masih hidup.

“Satu-satunya permintaan istri saya adalah ruang meditasi. Dia seorang wanita spiritual,” kata pengusaha berusia 52 tahun itu kepada AFP.

“Dia mengatakan bangunan berkubah ini menciptakan lingkungan yang berbeda dan ada banyak energi positif.”

– Tetesan Air Mata –

Taj Mahal yang asli – dijuluki “tetesan air mata di pipi waktu” oleh penulis Rabindranath Tagore – berada di Agra selatan Delhi, namun replika barunya berjarak 800 kilometer di Burhanpur.

Tapi kota India tengah tidak lain adalah tempat di mana Mumtaz meninggal saat melahirkan anaknya yang ke-14 pada Juni 1632, setelah menemani Shah Jahan untuk memadamkan pemberontakan lokal.

Jenazah Mumtaz bahkan awalnya dimakamkan di sana juga, dan menurut penduduk setempat, Shah Jahan pada awalnya ingin membangun Taj Mahal untuknya di tepi sungai Tapti.

“Struktur tanah saat itu tidak cocok untuk membangun Taj di sini, jadi diputuskan untuk dibangun di Agra,” jelas Chouksey.

Kota ini masih menjadi rumah bagi sisa-sisa istana yang bobrok tempat para bangsawan tinggal, termasuk hammam atau pemandian yang dulu indah yang dibangun oleh Shah Jahan untuk bersantai istrinya sebelum dia meninggal.

Artikel ini masih berlanjut ke halaman berikutnya…

Sayang Istri, Pria di India Bangun Replika Taj Mahal


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *