Sejumlah Jalan di Jakarta Macet Jelang Tahun Baru



Jakarta, Indonesia —

Sejumlah ruas jalan di Jakarta macet menjelang malam tahun baru 2022. Kemacetan terpantau di beberapa jalan di Jakarta Timur dan Jakarta Selatan.

Pantauan Indonesia.com pada sore hari, di Jakarta Selatan, kemacetan terlihat di Jalan Kapten Tendean. Kendaraan terpantau padat merayap hingga ke flyover arah Pancoran. Sementara di Jalan Gatot Subroto arah Cawang terpantau ramai lancar.

Kemacetan juga terpantau di Jalan Raya Pasar Minggu arah Kalibata. Kendaraan sempat tidak bergerak meski traffic light di Simpang Pancoran telah menunjukkan warna hijau.

Di Jalan Raya Pasar Minggu, kemacetan diperparah karena banyak kendaraan yang memutar balik.

Di Jakarta Timur, kemacetan mulai terjadi di di Jalan Dewi Sartika arah Cililitan/Kramat Jati. Kendaraan bahkan sempat terhenti beberapa menit karena tidak bisa bergerak.

Lalu lintas padat terpantau hingga perempatan Pusat Grosir Cililitan (PGC). Di titik ini, sejumlah petugas polisi terlihat mengatur lalu lintas. Selain itu, di beberapa titik di Jalan Raya Bogor juga dipadati kendaraan.

Ditlantas Polda Metro Jaya bakal menerapkan kebijakan crowd free night (CFN) di 11 kawasan di malam pergantian tahun dan libur tahun baru.

Kebijakan ini diterapkan pada 31 Desember 2021 dan 1 Januari 2022 mulai pukul 22.00 WIB hingga pukul 04.00 WIB.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo mengatakan kebijakan CFN ini diterapkan selama dua hari guna mengantisipasi kerumunan warga saat malam pergantian tahun dan akhir pekan.

“Karena tanggal 31, 1 dan 2 adalah weekend, kita khawatirkan kalau tidak ditutup dikhawatirkan akan terjadi kerumunan di tanggal 1, sehingga kita putuskan tanggal 31 dan 1,” kata Sambodo, Kamis (30/12).

11 kawasan tersebut adalah Jalan Asia-Afrika, Jalan Gunawarman-Senopati-SCBD, Jalan Makahakam-Bulungan-Barito 1, Thamrin-Sudirman, Kota Tua, seputaran Monas, Kemayoran, Pantai Indak Kapuk 2, Kemang, Banjir Kanal Timur dan Kawasan Danau Sunter.

Ribuan Orang Kunjungi TMII

Keramaian juga sempat terpantau di kawasan wisata  Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Pengelola TMII mencatat sekitar 2.789 orang berkunjung pada akhir tahun 2021, Jumat (31/12).

“Jumlah pengunjung yang masuk TMII, perorangan atau tiket online adalah 2.789,” kata Kepala Bagian Humas TMII, Adi Widodo saat dikonfirmasi.

Adi mengatakan, di malam tahun baru ini, TMII hanya buka hingga pukul 15.00 WIB. Hal itu, kata dia, sesuai dengan Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nomor 789 Tahun 2021.

“Mulai jam 14.00 WIB, kita umumkan imbauan meninggalkan TMII,” katanya.

Pantauan Indonesia.com, akses masuk TMII pintu masuk 1 sudah ditutup. Sejumlah petugas gabungan Dishub, Satpol PP hingga Polri terlihat berjaga.

Pemerintah Provinsi DKI Jakarta sebelumnya mengubah sejumlah ketentuan operasional tempat wisata selama libur tahun baru 2022. Kebijakan ini untuk mengantisipasi penyebaran virus corona varian Omicron yang mulai terdeteksi di Ibu Kota.

Perubahan operasional lokasi wisata itu tercantum dalam Surat Keputusan Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) Nomor 789 Tahun 2021.

Untuk museum-museum di kawasan Kota Tua seperti Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Seni Rupa dan Keramik, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum 3D Art, serta Museum Bahari tetap beroperasi pada 31 Desember 2021-1 Januari 2022.

Namun, pengelola harus membatasi pengunjung maksimal 75 persen dari kapasitas gedung. Kemudian, jam operasional mulai dari pukul 09.00 sampai 15.00 WIB, dengan batas waktu penjualan tiket pukul 13.00 WIB.

Kemudian, untuk kawasan wisata Taman Impian Jaya Ancol, Taman Mini Indonesia Indah, dan Taman Margasatwa tetap buka pada 31 Desember 2021-1 Januari 2022.

(yoa/wis)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *