Sejumlah Pasien Omicron di RSPI Jakarta Alami Gangguan Pembekuan Darah



Jakarta, Indonesia —

Ketua Pokja Pinere Rumah Sakit Penyakit Infeksi (RSPI) Sulianti Saroso Pompini Agustina Sitompul menyatakan sejumlah pasien terinfeksi varian SARS-CoV-2 B.1.1.529 atau varian Omicron di Indonesia mengalami hiperkoagulopati.

Hiperkoagulopati merujuk keterangan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) merupakan gangguan yang terjadi pada sistem koagulasi atau pembekuan darah yang dapat bermanifestasi sebagai bekuan darah atau trombus di vena, arteri atau menyeluruh secara sistemik.

“Ada beberapa kasus confirm [Omicron] yang memiliki komorbid dan kita lihat juga memiliki tanda mulai muncul hiperkoagulopati, meskipun pasien ini merasa tanpa gejala. Itu yang harus kita tetap waspadai,” kata Pompini dalam acara daring, Kamis (30/12).

Pompini mengatakan, pihaknya telah merawat sejumlah pasien baik yang terkonfirmasi Omicron maupun probable Omicron dari sejumlah pemeriksaan yang didapatkan melalui tes S Gene Target Failure (SGTF).

Pompini mengatakan, mayoritas pasien memang terkonfirmasi positif Omicron tanpa gejala, dengan sebagian kasus juga mengalami gejala ringan seperti batuk, pilek, dan juga demam.

Ia menambahkan, sebagian pasien terpapar Omicron yang dirawat di RSPI juga terpantau sudah menerima dua dosis vaksin Covid-19.

“Kita tetap menempatkan dengan isolasi yang tidak bergabung dengan pasien-pasien bukan pelaku perjalanan. Kemudian kami berikan juga multivitamin, dukungan psikologis, dan rehabilitasi medis,” kata dia.

Kementerian Kesehatan per 29 Desember mencatat kasus Omicron di Indonesia menjadi total 68 kasus. Puluhan kasus Omicron di Indonesia itu mayoritas imported case dari 60 WNI pelaku perjalanan luar negeri, 7 WNA, dan satu kasus transmisi lokal di DKI Jakarta.

Mayoritas kasus datang dari pelaku perjalanan internasional negara Arab Saudi, Turki, Uni Emirat Arab, Inggris, dan Amerika Serikat.

Sementara kasus lainnya juga datang dari para pelaku perjalanan negara seperti Jepang, Kenya, Korea Selatan, Malawi, Malaysia, Nigeria, Kongo, Spanyol, Ukraina dan Irlandia.

(khr/DAL)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *