Seleb Soroti Wasit Bahrain vs Indonesia, sampai Diajari Hitung 90+6



Jakarta, Indonesia

Sejumlah seleb ikut kesal dan emosi melihat wasit Ahmed Al Kaf yang memimpin pertandingan Bahrain vs Indonesia yang digelar di Stadion Nasional Bahrain, Riffa, Kamis (10/10) malam.

Dalam laga lanjutan Grup C Putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 tersebut, Ahmed Al Kaf mengeluarkan sejumlah keputusan kontroversial.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Kontroversi terbesar yang dibuat wasit Ahmed Al Kaf adalah tidak meniup peluit akhir saat pertandingan sudah melewati masa tambahan waktu enam menit yang dia berikan.

Akhirnya Bahrain mampu mencetak gol melalui Mohamed Marhoon pada menit ke-90+9, padahal Indonesia sempat unggul 2-1 hingga menit ke-90+6 sesuai aturan awal.


Laga Bahrain melawan Indonesia pun diputus berakhir pada menit ke-90+10 dengan skor 2-2. Sejumlah seleb pun mengeluarkan ekspresi gemas dan kesal mereka atas keputusan wasit yang aneh tersebut. 

Gading Marten mengunggah postingan berwajah Ahmad Al Kaf di Instagram Story dengan tambahan keterangan bertuliskan “BOBIIII !!!!!!!!!!!!!!!!!” dengan lagu iringan “What Was I Made For” versi suara miau miau.




Gading Marten soroti wasit Bahrain vs Indonesia asal Oman, Ahmad Al Kaf.Gading Marten soroti wasit Bahrain vs Indonesia asal Oman, Ahmad Al Kaf. (Screenshot dari Instagram @gadiiing )

Ibnu Jamil juga ikut mengunggah foto Ahmed Al Kaf di postingan Instagram. Ia menyebut performa wasit asal Oman tersebut “mencuri perhatian” dirinya dan teman-temannya.

Sementara itu, Atta Halilintar tak sungkan menunjukkan kegeraman dan kekesalannya melihat keputusan di luar prediksi dari Ahmad Al Kaf tersebut. Namun ia tetap memberikan semangat untuk Timnas Indonesia yang akan berlaga melawan China dalam waktu dekat.

Astaghfirulloh zalimm. 90 + 6 = 99?!?! VAR?!” tulis Atta dengan sejumlah emosi menangis.

Jerome Polin juga tak ketinggalan. Kali ini, Jerome mengirimkan video khusus untuk Ahmad Al Kaf. Konten kreator yang merupakan lulusan Matematika Terapan dari Waseda University Jepang tersebut bahkan memberikan pengajaran khusus cara menghitung 90+6.

Indonesia.com sudah meminta izin kepada seluruh seleb di atas untuk dikutip unggahannya.

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

[Gambas:Instagram]

Usai memicu kontroversi, akun Instagram wasit Ahmed Al Kaf dilaporkan hilang seiring dengan berbagai protes dari netizen Indonesia yang geram akan keputusan pria 41 tahun tersebut.

Sementara itu, pelatih Timnas Indonesia Shin Tae Yong secara tegas menilai laga melawan Bahrain memalukan dengan keputusan wasit yang kontroversial.

“Kedua tim Bahrain dan Indonesia melakukan yang terbaik sampai wasit meniup peluit pada menit terakhir, tapi tetap saya harus menyebutkan tentang hal yang Anda tahu, [yakni] beberapa hal yang memalukan,” ucap Shin Tae Yong dalam konferensi pers usai pertandingan, Jumat (11/10) dini hari WIB.

“Dalam hal ini keputusan wasit, jadi kalau AFC mau berkembang dan keputusan wasit juga harus diperbaiki,” lanjutnya.

[Gambas:Video ]

Anggota Komite Eksekutif PSSI Arya Sinulingga memastikan akan melayangkan surat protes resmi kepada AFC perihal kepemimpinan Ahmed Al Kaf.

“Ya kita kirim surat protes,” kata Arya Sinulingga usai pertandingan. “Kita sangat kecewa dengan kepemimpinan wasit. [Wasit diduga] Seperti menambah waktu sampai Bahrain menciptakan gol,”

Selanjutnya Timnas Indonesia akan melawan China pada lanjutan Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Qingdao, China, Selasa (15/10).

(end)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *