Shin Tae Yong Berharap Tuah Elkan Baggott di Piala AFF



Jakarta, Indonesia —

Shin Tae yong berharap Elkan Baggott bisa memberi dampak positif pada tiga permainan Timnas Indonesia tersisa di Grup B Piala AFF 2020 (2021).

Penampilan Timnas Indonesia, khususnya lini pertahanan, tak prima saat melawan Kamboja di Stadion Bishan pada Kamis (9/12) malam. Dalam laga Grup B ini Timnas Indonesia menang 4-2.

Setelah sempat unggul 3-0 pada babak pertama, utamanya hingga menit ke-35, permainan Evan Dimas dan kawan-kawan melorot. Sisi pertahanan pun tak tampil optimal mengawal pergerakan pemain Kamboja yang main cepat.

Para gelandang dan bek juga tak melakukan penutupan akses serangan secara lugas sejak dari lini tengah. Hal ini dimanfaatkan Kamboja untuk melakukan tembakan-tembakan jarak jauh, yang salah satunya berbuah gol.

“Untuk pertandingan berikutnya pastinya akan saya perbaiki masalah bertahan ini. Beberapa pemain seperti Elkan [Baggott] juga akan bergabung, jadi pasti bisa diperbaiki ke depannya,” kata Shin Tae Yong dilansir dari laman resmi PSSI.

Baggott sejatinya sudah bergabung dengan Timnas Indonesia di Singapura. Namun kebugaran pemain Ipswich Town tersebut dinilai belum optimal karena baru tiba dari perjalanan panjang atau masih mengalami jetlag.

Pemain 19 tahun berpostur 183 centimeter ini sebelumnya sudah pernah dijajal Shin Tae Yong. Ia tampil dalam laga persahabatan melawan Afghanistan. Sayang Baggott tak tampil penuh karena mengalami cedera setelah berbenturan dengan lawan.

Berkaca dari pertandingan tersebut Baggott tampil lugas, sederhana, dan efektif. Ia menjadi penghalau bola jika sudah melewati para gelandang, sedangkan Fachruddin siaga di belakangnya untuk menghadapi kemungkinan buruk.

Kombinasi Baggott dan Fachruddin ini membuat Afghanistan tak bisa membobol gawang Indonesia. Setelah Baggott keluar digantikan Victor Igbonefo, gawang Timnas kebobolan. Laga tersebut berakhir dengan skor 0-1.

Suhu di Singapura juga dikeluhkan Shin Tae Yong. Melakukan pemusatan latihan di Turki yang relatif dingin, jadi kontras karena suhu udara di Singapura jauh lebih hangat. Perbedaan ini dianggap menurunkan ketahanan fisik pemain.

“Kami melakukan pemusatan latihan di tempat sejuk [Turki], tetapi ke Singapura jadi panas. Itu membuat kondisi pemain menjadi turun, jadi ada bagian yang harus saya perbaiki ke depannya,” ucap pelatih asal Korea Selatan tersebut.

Berikutnya Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Laos di Stadion Bishan pada Minggu (12/12). Ini menjadi laga modal sebelum bertemu Vietnam pada Rabu (15/12). Saat ini Timnas Indonesia bertengger di peringkat kedua Grup B.

[Gambas:Video ]

(abd/har)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *