Shin Tae Yong Butuh Keajaiban di Final Piala AFF


Jakarta, Indonesia —

Shin Tae Yong disebut membutuhkan keajaiban pada leg kedua final Piala AFF 2021 (2020) guna membawa Timnas Indonesia juara turnamen ini untuk kali pertama.

Pada leg pertama final Piala AFF di Stadion Nasional, Rabu (29/12) malam, Indonesia tunduk di hadapan Thailand setelah kalah 0-4.

Peluang Skuad Garuda juara belum tertutup, karena masih ada final leg kedua di Stadion Nasional, Sabtu (1/1). Akan tetapi, menang dengan margin atau memaksa Thailand berlanjut ke babak tambahan atau adu penalti bukan perkara mudah.

Dikutip dari Hankooki, peluang Indonesia juara tipis, karena pada leg kedua nanti Indonesia harus menang dengan margin lebih dari empat gol.

Ditambah lagi Thailand memiliki pertahanan yang solid di Piala AFF tahun ini setelah hanya kebobolan satu gol dalam tujuh pertandingan.




Pesepak bola Timnas Indonesia Rachmat Irianto (kiri) membayangi pesepak bola Timnas Thailand Supachok Sarachat (kanan) dalam pertandingan Babak Final Leg 1 Piala AFF 2020 di National Stadium, Singapura, Rabu (29/12/2021).  ANTARA FOTO/Flona Hakim/app/aww.Timnas Indonesia perlu kerja keras di leg kedua final Piala AFF. (ANTARA FOTO/FLONA TOBING)

Hankooki menulis Shin Tae Yong dan Indonesia tidak memiliki jawaban lain selain membutuhkan mukjizat. Itu karena perjuangan Tim Merah Putih yang begitu berat ditambah peluang juara yang tipis.

Terlebih lagi Indonesia masih dibayangi ‘kutukan’ tidak pernah juara Piala AFF. Sejak kali pertama tampil di Piala AFF (sebelumnya Piala Tiger) pada 1996, Indonesia sudah lima kali melenggang ke final, namun harus puas menjadi runner-up.

[Gambas:Video ]

Dari lima kali ke final dan jadi runner up, Thailand jadi tim yang paling banyak membuat Indonesia menderita, dengan tiga kekalahan pada Piala AFF 2000, 2006, dan 2016. Sisanya Malaysia dan Singapura yang buat Indonesia kalah di final Piala AFF.

Indonesia kalah telak di leg pertama setelah Thailand menang 4-0 lewat gol Chanathip Songkrasin pada menit kedua dan 52′, Supachok Sarachat (67′), dan Bordin Phala (83′).

(sry/ptr)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *