Siapa Menteri Termuda dan Tertua di Kabinet Merah Putih Prabowo?



Jakarta, Indonesia

Jajaran menteri Kabinet Merah Putih telah dilantik Presiden Prabowo Subianto telah melantik di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10).

Total ada 48 menteri yang dilantik Prabowo pada hari ini. Jumlah itu terdiri dari 41 menteri teknis dan tujuh menteri koordinator.

Dari seluruh jajaran menteri yang telah dilantik, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Ariobimo Nandito Ariotedjo atau yang dikenal Dito Ariotedjo menjadi menteri dengan usia termuda di Kabinet Merah Putih.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Dito lahir di Jakarta pada 25 September 1990. Saat ini, Dito baru berusia 34 tahun.




Menpora Dito Ariotedjo usai dilantik sebagai Menpora periode 2024-2029 di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). ( Indonesia/Khaira Putri)Menpora Dito Ariotedjo usai dilantik sebagai Menpora periode 2024-2029 di Istana Negara, Jakarta, Senin (21/10). ( Indonesia/Khaira Putri)

Putra bungsu Arie Prabowo Ariotedjo itu juga menjabat sebagai Menpora di kabinet Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi). Ia dilantik pada April 2023.

Sebelum jadi menteri, Dito adalah tim ahli Menteri Koordinator Bidang Perekonomian yang saat itu dijabat Airlangga Hartarto.

Sementara itu, Menteri Pertahanan Sjafrie Sjamsoeddin menjadi menteri tertua di Kabinet Merah Putih. Sjafrie lahir di Ujungpandang atau Makassar pada 30 Oktober 1952. Maka, tahun ini ia berusia 72 tahun.




Special Staff of Defence Ministry Sjafrie Sjamsoeddin attends a meeting with high rank military and police officers at military headquarters in Jakarta on February 28 2024. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)Foto: AFP/BAY ISMOYO
Special Staff of Defence Ministry Sjafrie Sjamsoeddin attends a meeting with high rank military and police officers at military headquarters in Jakarta on February 28 2024. (Photo by BAY ISMOYO / AFP)

Ia memiliki latar belakang militer sebagai lulusan Akademi Militer (dahulu Akabri) pada 1974. Ia satu angkatan dengan Prabowo.

Sjafrie juga dikenal sebagai salah satu orang dekat Prabowo. Bahkan, Prabowo memberikan salah satu potongan tumpeng saat ulang tahun ke-73 untuk Sjafrie.

Sebelum menjabat sebagai Menhan, Sjafrie menduduki posisi Asisten Khusus Menteri Pertahanan Bidang Manajemen Pertahanan.

(mab/tsa)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *