Siapa Sebenarnya Kapten Timnas Indonesia?




Jakarta, Indonesia

Sosok kaptenĀ Timnas Indonesia jadi sorotan karena Shin Tae Yong kerap melakukan perubahan. Siapa sebenarnya kapten Timnas Indonesia?

Dalam catatan FIFA, Asnawi Mangkualam tercatat secara resmi sebagai kapten Timnas Indonesia. Ini terlihat saat pemillihan pemain terbaik FIFA 2023 pada Januari lalu. Nama Asnawi tercantum sebagai kapten yang punya hak suara memilih pemain terbaik.

Pemain yang jadi kapten biasanya mengemban tugas itu dalam waktu yang cukup lama, bercermin dari tim nasional negara lain seperti Portugal hingga Argentina. Namun Timnas Indonesia kerap mengganti-ganti sosok kapten dalam pertandingan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Salah satunya adalah saat menunjuk Jay Idzes sebagai pemimpin skuad di putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026. Bek 23 tahun itu jadi kapten dalam tiga lawa awal pertandingan kontra Arab Saudi, Australia, dan Bahrain.

Bahkan saat lawan Arab Saudi, ketika Asnawi Mangkualam masuk di babak kedua ban kapten tetap melingkar di lengan Jay Idzes. Hal ini memperkuat anggapan STY sudah menemukan sosok baru untuk memimpin skuad Garuda.

Kemudian saat Timnas Indonesia menghadapi China, status kapten kembali jadi milik Asnawi Mangkualam. Ini karena Asnawi tampil sebagai starter dalam pertandingan tersebut, sekaligus mempertegas bahwa Asnawi masih mendapat kepercayaan sebagai kapten.

Ban kapten yang kerap berpindah-pindah menjadi hal logis bagi Timnas Indonesia karena dalam beberapa kesempatan, pemain yang biasa berperan sebagai kapten resmi harus absen akibat cedera. Ini terjadi pada diri Asnawi dan juga Jordi Amat yang ditugaskan sebagai kapten kedua.

Alhasil STY butuh sosok dengan jiwa kepemimpinan mumpuni. Itu pula yang membuat Jay Idzes mendapat tanggungjawab sebagai kapten. Kemudian STY juga sempat memilih Rizky Ridho untuk memimpin rekan-rekan setim di lapangan.

[Gambas:Video ]

(ikw/har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *