Simpatisan Dua Paslon Adu Jotos di Area Debat Pilgub Sulsel




Makassar, Indonesia

Simpatisan pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan terlibat saling dorong saat bertemu di lokasi acara debat publik perdana yang digelar oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sulsel, Senin (28/10) malam.

Kedua simpatisan bertemu di depan hotel yang menjadi lokasi debat publik tersebut, kemudian saling memprovokasi hingga terjadi aksi saling dorong dan baku pukul.

Namun, kejadian itu tidak berlangsung lama setelah petugas kepolisian yang disiagakan menghalau kedua kubu simpatisan paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Kita akan koordinasikan kembali dengan pihak keamanan, bagaimana mengurai (massa) dari masing-masing paslon untuk tidak ada saling ngotot-ngototan di lapangan,” kata Ketua KPU Sulsel, Hasbullah

Beberapa saat sebelum debat perdana Pilgub Sulsesl digelar, terlihat pula dua pendukung dan simpatisan pasangan calon saling adu yel-yel hingga membakar flare di lokasi acara.

Dari pantauan Indonesia.com, di lokasi ratusan pendukung paslon nomor urut 2, Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi telah memenuhi di luar lokasi debat sejak sore tadi sambil menyalahkan flare.

“Dua, nomor dua gubernur ku,” kata relawan di lokasi debat.

Kemudian pendukung paslon nomor urut 1, Moh Ramdhan “Danny” Pomanto-Azhar Arsyad hadir di lokasi.

“Satu gubernur, hanya satu gubernur ku,” katanya.

Hasbullah menerangkan dari kejadian-kejadian itu, pihaknya akan melakukan evaluasi untuk gelaran debat paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulawesi Selatan yang kedua nantinya.

“Hari ini kita tidak batasi hadir, sepanjang di area tertentu hanya 100 orang yang bisa masuk. Kalau diluar mau ditumpahkan massa itu adalah kesepakatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Sulsel, Kombes Pol Didik Supranoto mengatakan, acara debat publik perdana paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel berjalan lancar.

“(Keributan) Rekan-rekan lihat, itu hanya biasa melakukan orasi, karena datangnya bersamaan. Mereka hanya berebut untuk masuk. Pada intinya mereka tunjukkan eksistensinya bahwa mereka datang dan kemudian melakukan orasi,” kata Didik.

Debat publik perdana Pilgub Sulsel ini digelar KPU SUlsel di salah satu hotel di Jalan Andi Djemma, Makassar, mulai pukul 19.00 WITA.

Pilgub Sulsel diikuti dua pasang calon yakni Paslon nomor urut 1 yang diusung PDIP, Danny Pomant-Azhar Arsyad dan Paslon nomor urut 2 yang diusung KIM Plus yaitu Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati Rusdi.

(mir/kid)

[Gambas:Video ]





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *