Sinopsis Tebusan Dosa, Perjuangan Horor Ibu Mencari Anaknya



Jakarta, Indonesia

Film horor debut sutradara Yosep Anggi Noen, Tebusan Dosa, resmi tayang di bioskop pada 17 Oktober 2024. Film ini hasil kerja sama Palari Film yang menggarap Kabut Berduri, Legacy Pictures, dan Showbox yang menggarap Exhuma.

Tebusan Dosa mengisahkan perjuangan Wening (Happy Salma) untuk menemukan anaknya, Nirmala, yang diduga hanyut ke sungai setelah mengalami kecelakaan.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berikut sinopsis Tebusan Dosa.

Kisah dimulai saat Wening mengajak Nirmala dan ibunya, Uti Yah, pergi dari suaminya yang toksik dan memulai hidup baru di sebuah desa. Di sana, Wening bekerja sebagai supir odong-odong.

Saat Wening bekerja, Nirmala yang masih berusia 11 tahun bersekolah dan kerap menemani neneknya bekerja di rumah orang asing asal Jepang bernama Tetsuya yang berprofesi sebagai pengajar di kampus. Nirmala pun senang berada di rumah Tetsuya karena diajari origami, salah satunya adalah bentuk bangau.


Suatu kali, Wening mengendarai motor buru-buru menjemput Nirmala dan Uti Yah di rumah Tetsuya kala hujan deras. Wening menemukan Uti Yah memaksa untuk segera pergi dari rumah tersebut meski Nirmala sedang menangis.

Di tengah perjalanan berbonceng tiga, Wening berusaha menenangkan Nirmala yang terus menangis. Hingga kemudian Wening memutuskan melewati sebuah jalan pintas melewati jembatan tua melintasi sungai yang deras.




Film Tebusan Dosa (2024). (Palari Films)Sinopsis film: Tebusan Dosa mengisahkan perjuangan Wening (Happy Salma) menemukan anaknya, Nirmala, yang diduga hanyut ke sungai setelah mengalami kecelakaan. (Palari Films)

Namun Wening tak bisa mengendalikan setang motor bututnya di jalanan yang rusak, menurun, dan licin karena hujan. Ia pun selip dan terjatuh, sementara Uti Yah terlempar ke hutan bantaran sungai bersama Nirmala.

Saat tersadar, Wening mencari Nirmala dan Uti Yah. Ia menemukan ibunya sudah meninggal dunia, sementara Nirmala tak terlihat jejaknya.

Tim SAR pun terjun mencari Nirmala. Wening yang kini sendirian di rumah harus membagi dirinya menghadapi duka, mencari uang untuk membayar kontrakan, dan bolak-balik membantu Tim SAR mencari Nirmala.

Di tengah rasa duka, Wening juga kerap diganggu hal aneh dalam kesendiriannya. Namun ia tak ambil pusing dan terus berusaha mencari Nirmala.

Perjuangan Wening itu menarik perhatian Tirta, mantan atlet yang kemudian banting setir menjadi pelatih renang di klub desa tersebut. Tirta yang membenci pekerjaannya memiliki minat lain, yakni membuat podcast, dan merasa kisah Wening menarik dan akan viral.

Hingga setelah 10 hari pascakejadian, Tim SAR memutuskan untuk menghentikan pencarian dan mengasumsikan Nirmala meninggal dunia.




Film Tebusan Dosa (2024). (Palari Films)Sinopsis Film Tebusan Dosa (2024): Perjuangan Wening menarik perhatian Tirta, mantan atlet yang kemudian banting setir menjadi pelatih renang di klub desa tersebut. (Palari Films)

Namun Wening menolak menyerah, ia yakin anaknya masih hidup. Apalagi dirinya mendapatkan keyakinan dari Tetsuya, bahwa bila seorang ibu yakin anaknya hidup, maka akan tetap hidup.

Pada saat itulah, Tirta yang dibantu Agung mendekati Wening dan menawarkan perempuan itu untuk menjadi narasumber di siniar mereka. Wening setuju dengan syarat, Tirta membantu membuatkan 1.000 bangau kertas yang digemari Nirmala.

Dengan bangau yang merupakan lambang harapan tersebut, Wening berharap Nirmala segera ditemukan. Namun Wening dan Tirta tak mengetahui, perjuangan untuk menemukan Nirmala tidak semudah dan sedamai yang mereka harapkan.

Tebusa Dosa merupakan film horor pertama Yosep Anggi Noen yang terkenal menggarap Istirahatlah Kata-Kata (2016), The Science of Fiction (2019), dan 24 Jam Bersama Gaspar (2023).

Selain sebagai sutradara, Yosep juga duduk di kursi penulis skenario bersama Alim Sudio yang pernah menulis 99 Cahaya di Langit Eropa 2 dan Assalamualaikum Beijing (2014), Ayat-ayat Cinta 2 (2017), Kuntilanak (2018), Makmum (2019), Layla Majnun (2021), Miracle in Cell No 7 (2022), Buya Hamka (2023), dan Kang Mak from Pee Mak (2024).

Film ini dibintangi oleh Happy Salma, Putri Marino, Shogen, Laksmi Notokusumo, dan Keiko Ananta. Tebusan Dosa mendapat rating 13+ dan tayang di bioskop sejak 17 Oktober 2024.

[Gambas:Youtube]

(end)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *