Sinopsis The Man Who Knew Infinity, Perjuangan Matematikawan India


Jakarta, Indonesia —

The Man Who Knew Infinity merupakan film biografi yang disutradarai Matthew Brown dan dibintangi aktor Dev Patel sebagai pemeran utamanya.

Sinopsis The Man Who Knew Infinity diangkat berdasarkan buku berjudul sama tentang seorang matematikawan asal India.

Film yang dirilis pada 2016 ini mendapat rating 7,2/10 melalui laman IMDb, sedangkan di Rotten Tomatoes 63 persen. Berikut sinopsis The Man Who Knew Infinity selengkapnya.

Kisahnya berlatar pada 1914 di India ketika masih dijajah oleh Inggris. Keadaan saat itu cukup sulit, bahkan akses pendidikan sangat minim.

Srinivasa Ramanujan (Dev Patel) adalah pria India yang mencintai ilmu matematika. Besar harapan dirinya untuk bisa menemukan pekerjaan sesuai minat dan kemampuannya itu.

Situasi saat itu memang tidak menentu dan Ramanujan kesusahan mencari pekerjaan demi menafkahi istri dan keluarganya.

Upaya mendapatkan pekerjaan terus ia lakukan, sampai akhirnya ada surat panggilan yang memintanya bekerja di sebuah kantor dengan posisi akuntan.

Latar belakang pendidikan Ramanujan memang tidak menempuh perguruan tinggi. Meski begitu, kemampuannya bisa bersaing dengan mereka yang lulus dari universitas ternama.

Cara bekerja Ramanujan dinilai spesial oleh atasannya karena ia mampu menyelesaikan data-data hitungan tanpa alat bantu dengan hasil valid dan akurat.

Bakat matematika dirinya diminta sang atasan untuk dipublikasikan kepada para profesor di Inggris.

Dalam sinopsis The Man Who Knew Infinity, salah seorang profesor dari Trinity College, Cambridge, Inggris yaitu G.H Hardy (Jeremy Irons), merespons positif karya Ramanujan.




The Man Who Knew InfinitySinopsis The Man Who Knew Infinity (Foto: Warner Bros. Pictures)

G.H Hardy merupakan ahli matematika di Cambridge Institute dan mengundang Ramanujan ke Inggris untuk menguji hasil penemuannya itu.

Tapi, perjalanan sebelum ke Inggris cukup sulit karena ditentang oleh ibunya. Beruntung sang istri yaitu Janaki (Devika Bhise) memberi dukungan penuh dan ia pun bisa bertolak ke Inggris.

Meski berat harus berpisah jarak dengan istrinya, Ramanujan percaya bahwa dirinya akan segera kembali memperbaiki keadaan serta tetap berkomunikasi lewat surat-surat kiriman.

Selain rasa senang karena berhasil menapaki kaki di Inggris, Ramanujan harus banyak beradaptasi dengan keadaan yang tidak mulus.

Perbedaan etnis, budaya, agama, dan lainnya seringkali membuat ia merasa terpuruk. Namun, dirinya dikuatkan dengan impiannya yang besar.

Perlahan tapi pasti Ramanujan terus dibimbing oleh Profesor Hardy sampai karyanya layak dipublikasikan dan berhasil mendapat beasiswa.

Di sisi lain, kondisi kesehatannya mulai memburuk karena menderita tuberkulosis. Bahkan istrinya mengajukan tuntutan surat cerai karena kesalahpahaman.

Film bergenre drama ini juga turut dibintangi Toby Jones, Stephen Fry, Enzo Cilenti, Jeremy Northam, dan masih banyak lagi.

Entah berhasil atau tidak Ramanujan melanjutkan impian dan mempertahankan rumah tangganya, kisah selanjutnya dari sinopsis The Man Who Knew Infinity bisa ditonton lewat Catchplay+.

(avd/fef)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *