SMRC Singgung Kepuasan ke Jokowi Salah Satu Kunci Kemenangan Prabowo




Jakarta, Indonesia

Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menilai faktor tingkat kepuasan (approval rating) pada Presiden ke-7 Indonesia Joko Widodo (Jokowi) menjadi salah satu kunci kemenangan pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka pada pemilihan presiden (pilpres) 2024.

“Dia (Jokowi) dipilih lagi pada 2019 dan ketika mendukung Prabowo, Prabowo menang. Karena approval ratingnya tinggi,” ujar Pendiri SMRC Saiful Mujani dalam acara Bedah Politik bertajuk Approval Rating dan Elektablitas Presiden secara daring, Sabtu (26/10).

Saiful menjelaskan approval rating terdiri dari aspek psikologis dan aspek rasional.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Aspek psikologis yang membuat masyarakat puas dengan Jokowi, kata Saiful, adalah kedekatan dia dengan masyarakat, mulai dari Jokowi yang kerap blusukan ke pasar dan menyalami masyarakat hingga interaksinya ketika bagi-bagi kaos dan beras dalam momen-momen tersebut.

“Terus cara komunikasinya yang kelihatan sebagai orang biasa, yg menghargai orang kelas bawah, itu menyenangkan bagi masyarakat,” tutur Saiful.

“Pak Jokowi yang orang biasa bisa menjadi presiden itu juga menyenangkan,” tambahnya.

Selain aspek psikologis, ada juga aspek rasional seperti aspek ekonomi dan politik.

Namun, kata Saiful, aspek ekonomi yang mempengaruhi tingkat kepuasan masyarakat bukan dari pertumbuhan ekonomi, tetapi sisi ekonomi yang berdampak kepada mereka.

Menurutnya, ekonomi pada zaman Jokowi itu tidak lebih tumbuh dibandingkan dengan zaman Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, tetapi subsidi yang diberikan pada masyarakat sangat besar, dan ini yang mereka rasakan.

“Pemilih pada umumnya adalah orang-orang lapisan menengah ke bawah. Disubsidi itu suka,” katanya.

Berdasarkan data SMRC, 79 persen masyarakat mengaku sangat puas dengan kinerja Jokowi. Dari angka tersebut, 65 persen di antaranya menjadi pendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024.

Kemudian, hanya 16 persen dari angka tersebut yang mendukung pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, dan hanya 18 persen yang mendukung pasangan Ganjar Pranowo-Mahfud MD.

Meski banyak yang merasa puas pada pemerintahan Jokowi, ada juga yang merasa biasa dan tidak puas, dengan persentase masing-masing 10 persen.

Dua kelompok tersebut banyak yang lantas memberikan dukungannya ke pasangan Anies-Muhaimin.

(lom/sfr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *