Solo Tuan Rumah G20 hingga China Kembali Ancam AS soal Taiwan



Jakarta, Indonesia —

Solo akan menjadi tuan rumah perhelatan Trade Industry and Investment Working Group (TIWG) negara-negara G20 pada 22 Maret 2022, jadi salah satu berita ramai pagi ini.

Termasuk pula berita tentang China yang kembali mengancam Amerika Serikat karena mendukung kemerdekaan Taiwan.

Berikut berita-berita yang terangkum dalam Kilas Internasional Indonesia.com:

Kota Solo ditunjuk menjadi salah satu tuan rumah Trade Industry and Investment Working Group (TIWG) G-20 yang digelar akhir Maret 2022 mendatang.

Selain Solo, Kementerian Perindustrian (Kemenperin) juga memilih Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) dan DKI Jakarta sebagai kota penyelenggara.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka, mengatakan gelaran internasional tersebut menjadi kesempatan akselerasi pemulihan ekonomi pascapandemi di Kota Bengawan. Solo, lanjutnya, akan menyiapkan sederet kegiatan untuk menyambut para tamu dari 20 kekuatan ekonomi terbesar di dunia itu.

Seorang buron yang bersembunyi di rumahnya di Irak menewaskan setidaknya 12 anggota keluarga besarnya, yang banyak di antaranya anak-anak, sebelum bunuh diri.

Tragedi itu terjadi di desa Al-Rashayed di provinsi tengah Babel, di sebelah selatan Baghdad, Kamis (30/12). Saat itu, pasukan khusus dan petugas intelijen bersiap untuk menyergap rumah tersangka “yang dituduh melakukan terorisme”.

“Tersangka membunuh semua orang di rumahnya,” kata sebuah sumber keamanan kepada AFP.

Kementerian Luar Negeri China mewanti-wanti Amerika Serikat akan menerima konsekuensi sangat berat karena dukungan Washington terhadap niat Taiwan untuk merdeka.

Dalam wawancara dengan stasiun televisi China CCTV dan kantor berita Xinhua, Kamis (30/12), Menteri Luar Negeri China, Wang Yi mewanti-wanti campur tangan AS dapat berujung pada situasi berbahaya.

“AS melanggar janji yang dibuat kala China dan AS membangun hubungan diplomatik, membenarkan dan mendukung pasukan ‘kemerdekaan Taiwan’, pun juga berusaha mendistorsi dan melubangi prinsip satu-China,” kata Wang seperti dikutip AFP.

(tim/bac)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *