Spesifikasi Angkot ‘Mewah’ Jakarta, Ada AC, Pintu Otomatis dan CCTV



Jakarta, Indonesia —

Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta saat ini tengah menyiapkan Mikrotrans baru terintegrasi Jaklingko dengan spesifikasi ‘mewah’ yang tidak dimiliki angkot pada umumnya.

Berdasarkan penjelasan Dishub DKI Jakarta di media sosial, angkot ini memiliki air conditioner (AC) yang artinya penumpang bisa merasa adem di dalam mobil ketika cuaca ibukota sedang panas.

[Gambas:Instagram]

Lalu dijelaskan kapasitasnya sembilan hingga 11 penumpang. Setiap kursi disebut berjarak 40 cm dan setiap penumpang mendapatkan sabuk pengaman.

Berdasarkan gambar suasana kabin tipe sembilan penumpang yang diunggah terlihat konfigurasi jok untuk penumpang berhadap-hadapan seperti angkot pada umumnya. Ada delapan jok di kabin belakang, sementara satu penumpang di samping sopir.

Kemudian dipahami juga sabuk penumpang yang diberikan jenis dua titik, artinya hanya melingkar di pinggang tanpa tali memeluk dada. Selain itu terlihat juga kabin memiliki jendela yang tak bisa dibuka dan lantai beraksentuasi kayu.

Bagian lain yang menarik adalah angkot ini dipasang empat CCTV, satu menyorot ruang pengemudi, satu menyorot kabin, satu menyorot area jalan di depan mobil, dan satu menyorot area jalan di belakang mobil.

Lalu angkot ini juga punya monitor yang dipasang di sekat antara kabin pengemudi dan kabin belakang, besarnya 29 inci yang menampilkan rute serta materi promosi. Kemudian ada monitor lain di dasbor sebagai penampangCCTV dan terdapat pula monitor on board unit

Masih ada lagi spesifikasi lainnya pada angkot berbasis minibus Suzuki Carry ini, yaitu pintu penumpang otomatis yang dikatakan buat memudahkan naik turun penumpang, palu pemecah kaca buat keadaan darurat, dan running text untuk menampilkan rute. Running text disebut terdapat di depan, samping kiri, dan belakang mobil.

“Layanan ini merupakan upaya Pemprov. DKI Jakarta dalam memberikan kemudahan akses layanan transportasi publik yang nyaman, aman dan handal bagi masyarakat DKI Jakarta,” tulis Dishub DKI Jakarta dalam unggahannya.

Perlu dicatat juga spesifikasi ini dikatakan sebagai ‘rencana’, jadi belum tentu semuanya akan persis sama jika sudah beredar di jalanan. 

(fea)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *