Spesifikasi Ninja ZX-25R, Motor Dinas Satpol PP DIY Nyaris Rp100 Juta



Jakarta, Indonesia —

Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) memilih motor sport 250 cc Ninja ZX-25R sebagai salah satu model kendaraan dinasnya. Pilihan ini unik karena ZX-25R adalah motor bermesin 4-silinder bersuara stereo yang harganya berkisar Rp100 juta.

ZX-25R meluncur di Indonesia pada Juli 2020, motor ini punya titel Ninja yang berarti kelas sport fairing di keluarga Kawasaki. Meski begitu ZX-25R berbeda dari Ninja 250 yang sudah dijual di Indonesia sebab tidak memakai mesin 2-silinder, melainkan 4-silinder.

Jantung pacunya 249 cc 4-silinder segaris, DOHC, pendingin cairan, yang menghasilkan 49,3 hp namun bisa ditingkatkan menjadi 50,3 hp jika menggunakan ram air. Tenaga itu lebih besar 10 hp dari Ninja 250.

Kawasaki Motor Indonesia (KMI) mengklaim motor ini mampu dipacu hingga 17 ribu rpm di sirkuit dan kecepatan maksimumnya 187 km per jam.

ZX-25R dirancang memakai rangka teralis terinspirasi moge buat World Superbike ZX-10R. Rangka didesain mudah dipakai bermanuver di perkotaan dan sirkuit.

Pengendaliannya di tikungan disebut KMI mirip ZX10R atau ZX6R, ini didukung dengan suspensi belakang horizontal back-link yang mirip ZX-10R dan suspensi depan upside down diameter 37 mm SFF-BP.

Lalu ZX-25R juga punya aura balap dari desain estetikanya, misalnya dari penampakan ram air di tengah motor, winglet, air duct samping, serta knalpot pendek.

Pada bagian panel informasi, spidometer motor digital sementara tachometer-nya analog. Fitur lain pada instrumen cluster yakni indikator gigi, konsumsi bahan bakar, temperatur, serta penampang teknologi lainnya termasuk power mode, KTRC, dan ECO riding.

Dimensi ZX-25R yakni tinggi 1.110 milimeter, panjang 1.980 milimeter, lebar 750 milimeter, dan wheelbase 1380 milimeter. Motor ini seberat 180 kilogram dan berkapasitas tangki bensin 15 liter.

Kemampuan seperti ini bisa saja dianggap berlebihan untuk kendaraan dinas Satpol PP. Namun ada hal lain yang dimiliki ZX-25R yaitu lengkingan khas mesin 4-silinder dan pamornya sebagai motor prestise.

Ada dua varian ZX-25R, yaitu standar Rp98,9 juta dan Special Edition Rp116 juta. Khusus varian Special Edition dilengkapi tambahan fitur Antilock braking system (ABS), KTRC dan KQS, serta aksesori seperti single seat cover, tameng angin warna hitam, frame slider, dan wheel rim tape.

Kepala Satpol PP DIY Noviar Rahmad telah membenarkan pembelian ZX-25R untuk kendaraan dinas. Menurut dia ada dua unit yang dibeli dengan harga satuan sekitar Rp98 juta.

“Salah satu tugas Satpol PP itu adalah melakukan pengawalan pejabat-pejabat penting. Pengawalannya itu di belakang, misalnya kita mengawal Pak Gubernur. Speknya itu harus bisa mengimbangi kendaraan pejabat-pejabat itu,” ucap Noviar saat dihubungi, Selasa (21/12).

Selain dua unit ZX-25R, Satpol PP DIY juga melakukan pengadaan barang 10 unit Kawasaki KLX untuk kendaraan dinas razia patroli. Belanja ini disebut sudah memenuhi aturan negara.

[Gambas:Instagram]

(lnn/fea)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *