STY Jelaskan Kenapa Thom Haye Cadangan di China vs Indonesia




Jakarta, Indonesia

Dicadangkannya Thom Haye saat Timnas Indonesia dikalahkan China pada Kualifikasi Piala Dunia 2026 membuat Shin Tae Yong mendapat banyak kritikan. Tapi, STY mengaku punya alasan strategis.

Pertandingan di Stadion Qingdao, China, Selasa (15/10), itu berakhir 2-1 untuk keunggulan tuan rumah. Ini kekalahan pertama Timnas Indonesia di fase ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026.

Salah satu keputusan Shin Tae Yong yang mendapat banyak kritikan adalah mencadangkan Thom Haye. Pemain Almere City itu baru masuk pada awal babak kedua.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Shin Tae Yong mengatakan Haye sengaja dicadangkan agar pemain 29 tahun itu bisa tampil optimal di babak kedua. Pelatih asal Korea Selatan itu mengklaim Haye tidak bisa bermain 100 persen selama 90 menit.

“Memang secara strategi Thom Haye sengaja dimainkan di babak kedua karena secara fisik juga kurang. Dia belum bisa main [stabil] selama 90 menit,” kata Shin Tae Yong saat tiba di Jakarta, Rabu (16/10) malam.

“Apalagi lawan kuat di babak pertama. Secara taktik kami tidak ingin kemasukan gol di babak pertama. Di babak kedua harusnya kami bisa cetak dua gol lebih, tetapi itu tidak terjadi,” ucap STY menambahkan.

Keputusan Shin memainkan Haye di babak kedua setidaknya berbuah satu gol. Pemain Almere City ini mencetak gol dari peluang yang diawali lemparan ke dalam Pratama Arhan.

Sayang, setelah itu China makin bermain negatif. Mereka menumpuk pemain di pertahanan bak parkir bus, sehingga pemain Timnas Indonesia tak bisa merangsek masuk ke dalam kotak penalti.

Dalam situasi buntu, Ragnar Oratmangoen dan kawan-kawan frustrasi. Keunggulan individu pemain Indonesia bisa dipatahkan China dengan permainan kolektif yang disiplin. Karena kekalahan ini Timnas Indonesia tetap di peringkat kelima Grup C fase ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026.

[Gambas:Video ]

(abs/har)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *