STY, Kenapa Thom Haye Tak Jadi Starter di China vs Indonesia?




Jakarta, Indonesia

Pertanyaan yang paling mengemuka usai Timnas Indonesia kalah dari China di Kualifikasi Piala Dunia 2026 adalah keputusan Shin Tae Yong menempatkan Thom Haye sebagai pemain cadangan dan baru bermain di 45 menit terakhir.

Shin Tae Yong melakukan sejumlah eksperimen pada laga China vs Indonesia. Eksperimen tersebut berupa rotasi empat pemain di tim inti yang sebelumnya berlaga di duel Bahrain vs Indonesia.

Dari banyaknya pertanyaan yang beredar, pertanyaan soal Thom Haye adalah yang paling mencolok. Keputusan Shin Tae Yong untuk tidak memainkan Thom Haye sebagai starter dinilai sebagai kesalahan terbesar.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Di laga lawan China, Shin Tae Yong jelas sadar bahwa kemenangan adalah hal yang logis untuk diburu dan didapatkan. Terlebih China berada dalam kondisi buruk setelah menelan tiga kekalahan beruntun.

Dalam kondisi tersebut, keputusan tidak memainkan Thom Haye di awal pertandingan jelas jadi pertanyaan. Thom Haye yang sudah berusia 29 tahun jelas merupakan sosok gelandang berpengalaman.

Thom Haye punya jam terbang tinggi dan sudah sering main di laga level atas. Ketenangan dan kematangannya bisa membuat Timnas Indonesia tampil lebih mematikan saat mendominasi penguasaan bola.

Namun Shin Tae Yong memilih mengistirahatkan Thom Haye di babak pertama dan baru menurunkannya di babak kedua. Dalam sesi konferensi pers, Shin Tae Yong hanya menjelaskan alasan menarik keluar Mees Hilgers dan Shayne Pattynama tetapi tidak memberikan detail soal alasan Thom Haye baru main di babak kedua.

Kemungkinan terbesar adalah fisik Thom Haye yang dinilai tidak kuat bermain selama 90 menit dalam skema Shin Tae Yong. Dalam tiga laga di babak ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026, Thom Haye tidak pernah main full 90 menit.

Dalam laga lawan Arab Saudi, Thom Haye main selama 59 menit. Selanjutnya pada duel lawan Australia, Thom Haye bertindak sebagai pemain pengganti dan baru turun di menit ke-71. Sedangkan di laga lawan Bahrain, Thom Haye berlaga di lapangan selama 81 menit.

Sebagai perbandingan, Thom Haye juga baru empat kali tampil bersama Almere City musim ini. Dari empat penampilan itu, Thom Haye juga hanya satu kali tampil selama 90 menit.

Terlepas dari kemampuan fisik Thom Haye yang mungkin tak sanggup berlaga selama 90 menit, keputusan Shin Tae Yong tetap layak dipertanyakan. Bila memang kondisi fisik yang jadi masalah, seharusnya Thom Haye tetap lebih dulu dimainkan lalu ditarik keluar ketika fisiknya sudah tak lagi mumpuni.

Memang tidak ada jaminan kemenangan bakal di tangan bila Thom Haye main sejak awal, tetapi setidaknya Thom Haye bisa jadi sosok senior di lapangan mendampingi pemain-pemain Timnas Indonesia yang banyak masih berusia di bawah 25 tahun.

[Gambas:Video ]

(rhr)




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *