STY Soal Indonesia Kalah 5 Kali di Final Piala AFF: Saya Ingin Juara



Jakarta, Indonesia —

Shin Tae Yong berambisi menjadi pelatih pertama yang mampu membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF saat menghadapi Thailand. Shin Tae Yong mengatakan mental pemain akan menjadi kunci.

Timnas Indonesia untuk kali keenam lolos ke final Piala AFF usai mengalahkan Singapura di semifinal Piala AFF 2020. Thailand, yang mengalahkan Indonesia di final Piala AFF 2000, 2002, dan 2016, kembali menjadi lawan tim Garuda.

Shin Tae Yong sadar Timnas Indonesia selalu tidak beruntung di final Piala AFF. Namun pelatih asal Korea Selatan itu ingin membawa Timnas Indonesia juara Piala AFF untuk kali pertama.

“Jujur saya ingin jadi juara. Tapi mengangkat piala itu sesuatu yang terjadi bukan karena sekadar Anda menginginkannya, tapi terjadi karena Anda melakukan yang terbaik,” ucap Shin Tae Yong dalam konferensi pers jelang final leg 1 Piala AFF, Selasa (28/12).

Shin Tae Yong memiliki banyak gelar sebagai pemain dan pelatih. Sebagai pemain, Shin sukses merebut enam gelar Liga Korea Selatan. Sebagai pelatih, pria 51 tahun itu sukses merebut gelar juara Liga Champions Asia bersama Seongnam Ilhwa Chunma pada 2010.

Shin Tae Yong mengatakan mental pemain sangat penting untuk bisa merebut gelar juara. Pelatih asal Korea Selatan itu yakin Timnas Indonesia akan juara Piala AFF 2020 jika mental pemain kuat.

“Sebagai pelatih dan pemain saya sudah juara lebih dari 20 kali. Dari pengalaman itu saya akan menerapkan mental buat pemain dan mencoba agar pemain jadi juara,” ujar Shin Tae Yong.

“Dari pertandingan pertama penyisihan grup, kami sudah mempersiapkan mental, sama seperti sebelum laga ini juga. Jadi final kami juga akan mempersiapkan mental kuat dalam suasana yang baik. Jadi suasana itu yang akan dibawa sampai ke final ini,” ucap Shin Tae Yong.

Selain dikalahkan Thailand, Indonesia juga kalah dari Singapura pada final Piala AFF 2004 dan Malaysia di final Piala AFF 2010.

[Gambas:Video ]

(nva/har)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *