Telkomsel Antisipasi Jaringan Padat di Momen Nataru



Jakarta, Indonesia —

Operator telekomunikasi plat merah Telkomsel menyiapkan langkah antisipasi menjelang momen natal 2021 dan tahun baru 2022 (Nataru).

Telkomsel memberikan sejumlah peningkatan pada titik-titik yang diprediksi akan mengalami peningkatan aktivitas atau trafik.

Pasalnya momen Natal dan Tahun Baru merupakan momen libur terbesar kedua di Indonesia (setelah Hari Raya Idul Fitri) yang dimanfaatkan sebagian besar masyarakat untuk mudik, berlibur, atau berkumpul dengan keluarga.

Hal tersebut ditambah dengan dibatalkannya Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 oleh pemerintah, yang membuat kegiatan masyarakat pada momen libur tersebut bisa lebih longgar.

Maka dari itu Telkomsel membuat langkah antisipasi dengan memberi peningkatan layanan pada sejumlah wilayah yang mereka anggap berpotensi mengalami kenaikan trafik.

Wilayah-wilayah yang memiliki potensi kenaikan trafik ini disebut sebagai Point of Interest (POI).

“Di event Naru ini kita ada 471 POI (Point of Interest),” kata Rahmat Novalianto Vice President Network Assistance, Security and Operations Center Telkomsel, Jakarta, Rabu (15/12).

Dalam acara yang sama Direktur Network Telkomsel Nugroho menambahkan bahwa POI tersebut tersebar di seluruh Indonesia.

“471 titik itu nationwide berbagai tipe area, pusat perbelanjaan, residential, bandara, stasiun,” katanya.

Kemudian Rahmat memaparkan 471 titik POI tersebut terbagi menjadi 124 titik di area residensial atau tempat tinggal; 53 titik di area transportasi seperti bandara, pelabuhan, stasiun, dan terminal; 266 titik di special area yang meliputi area perbelanjaan, alun-alun, dan sebagainya; 17 titik di jalur logistik, rumah ibadah; dan 5 titik di area rumah sakit rujukan Covid-19.

Peningkatan layanan di wilayah tersebut dilakukan melalui penguatan kapasitas dan cakupan jaringan, salah satunya dengan penambahan 53 COMBAT atau Compact Mobile BTS.

Direktur Network Telkomsel Nugroho mengatakan pemasangan COMBAT pada wilayah tersebut berguna untuk percepatan jaringan di wilayah tersebut.

Selain itu, peningkatan jaringan juga dilakukan dengan penambahan kapasitas internet yang asalnya 6,7 TBps menjadi 7,3 TBps.

Sebelum melakukan penguatan jaringan, Telkomsel telah melakukan Drive Test sepanjang 13.503 kilometer untuk menguji kualitas jaringan mereka.

Selain itu, pihak Telkomsel juga telah melakukan perhitungan untuk memperkirakan kenaikan trafik yang akan terjadi pada momen libur Nataru kali ini.

Rahmat menyebut pihaknya memprediksi akan ada kenaikan sebesar 15,08 persen pada trafik data selama momen Nataru jika dibandingkan dengan hari biasa.

Angka tersebut 29,12 persen lebih besar jika dibandingkan dengan momen Nataru tahun lalu.

Kemudian penggunaan sejumlah aplikasi juga diprediksi mengalami peningkatan bahkan ada yang diperkirakan meningkat 100 persen.

Aplikasi yang berada dalam deretan atas didominasi oleh aplikasi chat dan media sosial yang digunakan untuk berkomunikasi.

Drive Test

indonesia.com berkesempatan untuk melakukan drive test atau pengujian kualitas jaringan selama berkendara di wilayah Inner Jakarta.

Perjalanan dimulai dari Telkomsel Smart Office di wilayah Gatot Subroto, Jakarta Selatan dan melalui sejumlah wilayah seperti Semanggi, Sudirman, wilayah Monas, hingga Kelapa Gading.

Pada drive test tersebut, kondisi jaringan Telkomsel selama perjalanan terpantau stabil dan tidak ada gangguan sama sekali.

(lnn/fjr)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *