Terpesona Atraksi Budaya dan Kuliner Indonesia di Ajang Global Harmony




Riyadh, Indonesia

Berbagai atraksi dan seni budaya Indonesia ditampilkan dalam ajang “Global Harmony” atau Harmoni Global di kota Riyadh ibukota Arab Saudi, pada 26-29 Oktober 2024.  

Acara Harmoni Global sendiri merupakan program yang diluncurkan Kementerian Media Arab Saudi dan bagian dari Prakarsa Kerajaan Arab Saudi untuk meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat sesuai dengan Visi 2030.

Rangkaian acara program Harmoni Global sudah dimulai sejak 13 Agustus 2024 lalu, dengan Indonesia mendapatkan jadwal pada pekan ini. Acara ini diselenggarakan atas kerjasama Kementerian Media kerajaan Arab Saudi dengan Otoritas Hiburan Umum dan diadakan di Al Suwaidi Park, sebuah taman yang terletak di kota Riyadh.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Berbagai atraksi seni dan budaya Indonesia memeriahkan acara tersebut, misalnya parade pakaian adat dari berbagai daerah di Indonesia seperti dari Bali, Papua, Sumatera Barat sampai Betawi. Begitu pula iringan tarian dari masing-masing daerah.

Selain melihat pertunjukan seni, pengunjung bisa mencicipi sajian kuliner dari berbagai daerah di Indonesia, seperti nasi Padang, nasi goreng, sate, siomay hingga baso aci. 

Atraksi ini cukup menyedot perhatian dari para pengunjung khususnya masyarakat kota Riyadh. Salah satu pengunjung bernama Aida mengatakan dengan datang ke acara ini dia bisa mengobati rasa rindu kepada Tanah Air

“Pastinya kalau datang ke acara seperti ini membuat saya ingin buru-buru pulang ke Indonesia,” ujar Aida.

Acara Harmoni Global ini akan berlangsung selama 46 hari. Kementerian Media kerajaan Arab Saudi menyatakan slogan Harmoni Global memiliki makna dan ajakan untuk merayakan keragaman budaya melalui seni, musik, makanan dan berbagai aktivitas, sehingga mendorong pengalaman bersama di berbagai budaya yang berbeda beda.

Tujuan dari acara ini adalah untuk memperkuat ikatan komunikasi antar warga, integrasi budaya dan meningkatkan pentingnya komunikasi dalam masyarakat Arab Saudi.

Dalam acara ini juga disediakan panggung hiburan, panggung anak-anak, berbagai bazar, dan berbagai area permainan. Acara ini diikuti dari berbagai negara seperti Indonesia, Filipina, Pakistan, Bangladesh, Sudan, Suriah, Lebanon, Yordania, Mesir, hingga India.

(prb/vws)





Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *