Tes Belum Keluar, 3 WNA Probable Omicron Masih Positif Covid



Jakarta, Indonesia —

Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PL) Kementerian Kesehatan, Siti Nadia Tarmizi mengatakan pihaknya masih menunggu hasil tes whole genome sequencing (WGS) kepada 3 WNA asal China yang diduga terinfeksi Covid-19 varian Omicron.

Nadia mengatakan tes genome itu baru bisa mengeluarkan hasil secepatnya pada Rabu 22 Desember.

“Belum ada hasilnya, memang sudah diperiksa WGS sejak tanggal 16 Desember kemarin, kemungkinan keluar hasil Rabu/Kamis pekan ini,” kata Nadia saat dihubungi Indonesia.com, Senin (20/12).

Dia menjelaskan hasil tes menggunakan genome sequencing membutuhkan waktu sedikitnya 5-7 hari sejak pemeriksaan. Nadia juga menyebut akan selalu memberikan informasi terbaru mengenai Covid-19 varian Omicron pada masyarakat Indonesia.

“Jadi memang tes WGS itu tidak dalam waktu singkat. Kami pasti umumkan kalau sudah ada hasil,” ucap Nadia.

Selain itu Nadia juga mengatakan ketiga WNA asal China itu masih dalam kondisi positif Covid-19. Ketiganya masih melakukan isolasi mandiri di Manado.

“Belum [negatif Covid-19], jadi masih isolasi sampai sekarang,” ujar Nadia.

Kemenkes sejauh ini telah mendeteksi tiga kasus Covid-19 varian Omicron di Indonesia. Kasus pertama terdeteksi pada satu orang petugas pembersih berinisial N di RSDC Wisma Atlet, sementara kasus dua dan tiga merupakan WNI yang baru pulang dari AS dan menjalani isolasi di Wisma Atlet.

Kemenkes menyebut kemungkinan besar kasus pertama Covid-19 varian Omicron itu berasal dari penularan WNI yang baru tiba dari Nigeria pada 27 November 2021 lalu. Namun penelusuran lebih lanjut diperlukan untuk memastikan awal mula penularan varian Omicron di Indonesia.

(mln/wis)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *