Thailand Cetak Gol Apik, Indonesia Tertinggal di Babak Pertama



Jakarta, Indonesia —

Timnas Indonesia tertinggal 0-1 dari Thailand pada babak pertama leg pertama final Piala AFF 2021 (2020) di Stadion Nasional, Singapura, Rabu (29/12).

Thailand langsung menyerang Indonesia sejak menit awal. Melalui Bordin Phala dari sisi kiri, Gajah Perang bertekad mencuri gol cepat.

Phala memberikan umpan tarik kepada Supachok Sarachat, namun Nadeo Argawinata bisa menyelamatkan gawang Indonesia dari upaya Supachok.

Indonesia kebobolan dengan gol cepat Thailand pada menit kedua berkat gol sensasional Chanathip Songkrasin.

Gol itu tercipta lewat umpan matang Philip Roller setelah melewati tiga pemain Indonesia setelah Edi Faberiansah lebih dahulu kehilangan bola. Dari sisi kiri Roller memberikan umpan tarik kepada Songkrasin yang berdiri bebas di kotak penalti Indonesia tanpa pengawalan pemain lawan.

Dengan satu sentuhan kaki kiri Songkrasin, bola melesat ke pojok kiri atas tiang dekat gawang Indonesia tanpa bisa dihalau Nadeo.

Tim Merah Putih terus dalam tekanan Thailand pada awal laga dan belum bisa keluar menyerang. Kesalahan dalam operan kerap dilakukan pemain Indonesia yang membuat mereka gagal membangun serangan.

Pada menit ke-13 giliran Asnawi Mangkualam yang membuat penyelamatan gemilang setelah mementahkan tendangan Bordin Phala hasil umpan tarik Supachok. Bola rebound disundul Elias Dolah, akan tapi masih melayang di atas mistar gawang Indonesia.

Dalam setiap memiliki kesempatan, Indonesia berupaya menyerang Thailand. Salah satunya pada menit ke-14, namun pertahanan Thailand masih solid mengadang serangan Indonesia.

[Gambas:Video ]

Kombinasi Irfan Jaya dan Witan Sulaeman membuat ketar-ketir pertahanan Thailand pada menit ke-23. Akan tetapi saat di kotak penalti Irfan membuat pelanggaran dengan menendang Songkrasin. Peluang gol Indonesia pun hilang.

Thailand hampir menambah skor pada menit ke-29 jika saja striker gaek Teerasil Dangda tidak gagal dalam memanfaatkan umpan Phala dari sisi kiri. Tenangan Teerasil yang melenceng di sisi kiri gawang Indonesia tidak mengubah skor pertandingan.

Elias Dolah mendapat kartu kuning pada menit ke-33 setelah menjegal Rachmat Irianto ketika Indonesia tengah membangun serangan balik.

Asnawi membuat percobaan gol dengan tendangan kaki kiri dari luar kotak penalti setelah menerima operan pendek Ricky Kambuaya, pada menit ke-36. Akan tetapi tendangan Asnawi belum tepat sasaran. 

Dolah mengalami cedera dan digantikan Pokklaw A-Nan.

Alfeandra Dewangga membuang peluang emas Indonesia guna menyamakan kedudukan pada menit ke-41. Peluang itu datang lewat umpan silang mendatar Witan dari sisi kiri. Dedik Setiawan yang dituju Witan melewatkan bola itu sehingga mengarah ke Dewangga.

Akan tetapi, Dewangga yang berdiri bebas tanpa pengawalan pemain Thailand menyia-nyiakan peluang terbaik tersebut. Tendangan kaki kiri Dewangga di depan gawang Thailand masih melayang di atas mistar.

Akselerasi Supachok di lapangan tengah setelah melewati tiga pemain Indonesia membuka peluang gol bagi Thailand. Supachok lalu memberikan bola kepada Phala. Akan tetapi tendangan Phala ditepis Nadeo. Babak pertama pun berakhir 1-0 untuk keunggulan Thailand.

Susunan Pemain Indonesia vs Thailand:

Timnas Indonesia: Nadeo Argawinata; Asnawi Mangkualam, Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho, Edo Febriansah; Rachmat Irianto, Alfeandra Dewangga; Witan Sulaeman, Ricky Kambuaya, Irfan Jaya; Dedik Setiawan

Thailand: Siwarak Tedsungnoen; Yusef Elias, Philip Roller, Tristan Do; Supachok Sarachat, Phitiwat Sookjitthammakul, Chanathip Sonkrasin, Kritsada Kaman, Weerathep Pomphun; Bordin Phala, Teerasil Dangda

(sry/ptr)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *