Thailand Lolos ke Semifinal Usai Hajar Filipina


Jakarta, Indonesia —

Thailand berhasil mengalahkan Filipina 2-1 dalam pertandingan ketiga Grup A Piala AFF 2020 (Piala AFF 2021) di Stadion Nasional, Singapura, Selasa (14/12) sore WIB dan lolos ke semifinal.

Kedua tim saling berbalas menyerang di 20 menit pertama permainan. Hanya saja, serangan yang dibangun kedua tim masih mampu dimentahkan barisan pertahanan satu sama lain.

Teerasil Dangda akhirnya berhasil membawa Thailand unggul pada menit ke-26 usai meneruskan umpan matang Theeratorn Bunmathan.

Ini merupakan gol ke-18 Teerasil di Piala AFF dan menjadikannya pemegang rekor gol terbanyak sepanjang sejarah Piala AFF.

Penyerang berusia 33 ini sukses mengalahkan rekor gol yang dipegang striker legendaris Singapura, Noh Alam Shah dengan koleksi 17 gol.

Thailand kembali mendapat peluang emas pada menit ke-30, lewat tendangan keras Teerasil Dangda. Namun, tembakan Teerasil kali ini masih dapat diblok kiper Filipina Kevin Hansen.

Thailand pun berhasil menutup pertandingan babak pertama dengan keunggulan 1-0.

Di awal babak kedua, Thailand langsung mengambil inisiatif serangan dan berhasil menguasai bola.

Thailand mendapatkan peluang pertama di babak kedua lewat tendangan keras Thanawat Suengchitthawon dari jarak jauh pada menit ke-53. Namun, tembakannya masih membentur mistar gawang Filipina.

Berawal dari tendangan bebas, Filipina akhirnya dapat mencetak gol penyeimbang pada menit ke-57 lewat tendangan Patrick Reichelt.

Usai kebobolan, Thailand coba untuk meningkatkan intensitas serangan. Dan, pada menit ke-60, Thailand kembali mendapatkan kesempatan lewat tendangan keras Suengchitthawon. Sayang, kali ini tembakannya masih dapat diblok bek Filipina yang berdiri di depan garis gawangnya sendiri.

Thailand kemudian mendapatkan penalti setelah bek Filipina Aguinaldo melanggar Thitiphan Puangjan pada menit ke-76.

Teerasil yang menjadi eksekutor berhasil menyelesaikan tugasnya dengan baik dan membawa Thailand unggul 2-1.

Teerasil nyaris mencetak hattrick pada pertandingan ini. Setelah tandukannya pada menit ke-86 dapat diblok kiper Filipina.

Hingga pertandingan berakhir tak ada gol tambahan yang tercipta. Thailand menang dengan skor 2-1 atas Filipina dan menjaditim pertama yang lolos ke semifinal Piala AFF.




Banner Testimoni

Susunan Pemain

Filipina (5-3-2): Kevin Hansen; Jesper Nyholm, Daisuke Sato, Amani Aguinaldo, Mikel Justin, Martin Steuble; Kevin Ingreso, Iain Ramsay, Stephan Markus Schrock; Angel Guirado, Patrick Reichelt

Thailand (4-2-3-1): Chatchai Bootprom; Theerathon Bunmathan, Manuel Tom Bihr, Narubadin Weerawatnodom; Sarach Yooyen, Supachok Sarachat, Thanawat Suengchitthawon, Phitiwat Sookjitthammakul, Chanathip Songkrasin; Teerasil Dangda

[Gambas:Video ]

(rhr/sry)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *