Tiba di Gedung MPR Jelang Pelantikan, Prabowo Peluk Erat Xanana Gusmao




Jakarta, Indonesia

Presiden Terpilih Prabowo Subianto tampak memeluk erat Perdana Menteri Timor Leste Xanana Gusmaojelang dilantik sebagai Presiden pada Minggu (20/9).

Momen tersebut terjadi ketika Prabowo menyambut kedatangan Xanana yang baru tiba di Gedung Kura-Kura untuk menghadiri acara pelantikan.

Berdasarkan pantauan, Xanana sempat menyalami Prabowo lalu mereka berpelukan erat selama beberapa detik.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

Pelukan erat itu pun kemudian disambut riuh dengan tepuk tangan dari para tokoh dan hadirin yang berada di lokasi dan menyaksikan momen itu.

Xanana adalah tokoh menonjol yang memperjuangkan kemerdekaan Timor Leste.

Sementara Prabowo pernah memimpin salah satu operasi militer melawan perjuangan kemerdekaan itu.

Dari 1976 hingga 1985, Prabowo bertugas di Komando Pasukan Sandi Yudha (Kopassandha) Angkatan Darat.

Menurut laporan The Guardian, Prabowo dituduh terlibat dalam pelanggaran hak asasi manusia di Timor Leste, termasuk pembantaian tahun 1983 yang menewaskan ratusan orang di desa Kraras. Namun, dia membantah tuduhan tersebut.

Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai Presiden dan Wakil Presiden pada Minggu (20/10) hari ini. Mereka akan menggantikan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang akan segera purnatugas.

Acara pelantikan direncanakan dimulai pada pukul 10.00 WIB. Usai dilantik, Prabowo juga akan menyampaikan pidato pertamanya sebagai presiden.

(mab/isn)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *