Timnas Indonesia Main Bertahan, Taktik Shin Tae Yong Dibela Hang Seo



Jakarta, Indonesia —

Pelatih Vietnam, Park Hang Seo membela taktik bertahan yang dipakai pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae Yong dalam laga yang berakhir imbang tanpa gol di Piala AFF 2020 (2021).

Hang Seo tidak mempermasalahkan taktik yang dipakai oleh Timnas Indonesia racikan Shin Tae Yong. Hang Seo mengatakan terkadang Vietnam juga bermain defensif dalam sebuah pertandingan.

“Saya tidak berpikir Anda seharusnya menghakimi sebuah tim. Saya tidak berbicara tentang gaya bermain Indonesia,” ujar Hang Seo seperti dikutip dari Vietnam Plus.

“Terkadang kami juga harus main bertahan sehingga kami tidak boleh menilai lawan dari cara mereka bermain,” ia melanjutkan.

Vietnam memang dibuat frustrasi oleh Timnas Indonesia yang sangat disiplin dalam bertahan dengan menumpuk lima pemain belakang. The Golden Stars yang menguasai permainan kesulitan untuk bisa memberikan ancaman ke gawang Timnas Indonesia yang dikawal Nadeo Argawinata.

Berdasarkan statistik, Vietnam total melepaskan delapan usaha untuk mencetak gol sepanjang pertandingan. Namun, dari delapan peluang yang diciptakan itu hanya satu yang mengarah ke gawang Nadeo.

Sisanya yakni tujuh tembakan yang dilepaskan para pemain Vietnam jauh dari sasaran. Sedangkan Timnas Indonesia tidak sekalipun melepaskan tembakan on target maupun off target karena fokus bertahan.

Kendati gagal membobol gawang Timnas Indonesia, Hang Seo tak kecewa. Pelatih berusia 64 itu menilai Nguyen Tuan Anh dan kawan-kawan sudah berupaya maksimal.

“Di laga ini, saya pikir para pemain telah memainkan peran mereka. Tentu lebih baik jika mereka bisa mencetak gol, tetapi mereka semua sudah melakukan yang terbaik,” katanya.

Hasil ini membuat Vietnam masih menempati posisi kedua klasemen di bawah Timnas Indonesia. Di laga terakhir, juara bertahan Piala AFF ini akan bersua Kamboja pada 19 Desember mendatang.

[Gambas:Video ]

(jal)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *