Tokoh NU Jadi Dubes hingga Taliban Terancam Bangkrut



Jakarta, Indonesia —

Tokoh Nahdlatul Ulama (NU) Zuhairi Misrawi jadi satu dari 12 duta besar yang dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (17/11).

Ada pula Taliban terancam bangkrut dan meminta Amerika Serikat mencairkan aset Afghanistan, kabar yang jadi sorotan dalam 24 jam terakhir pagi ini.

Berikut berita yang dirangkum dalam kilas internasional Indonesia.com pagi ini:

1. Jokowi Lantik 12 Dubes, Termasuk Tokoh NU Pengkritik Rizieq

Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) akan melantik 12 duta besar serta pejabat lain di Istana Negara, Jakarta para Rabu (17/11) ini.

“Presiden juga akan melantik kepala Staf Angkatan Darat, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan 12 Duta Besar Republik Indonesia untuk negara sahabat,” ujar Kepala Sekrretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono dalam pernyataan resmi.

Pelantikan itu, lanjut Budi, akan berlangsung pada Rabu (17/11) pukul 13.30 WIB.

2. Terancam Bangkrut, Taliban Mohon ke AS Cairkan Aset Afghanistan

Taliban memohon Kongres Amerika Serikat dapat mencairkan aset Afghanistan bernilai miliaran dolar yang dibekukan sejak kelompok itu mengambil alih kekuasaan.

Menteri Luar Negeri Afghanistan di rezim Taliban, Amir Khan Muttaqi, menyatakan ancaman terbesar yang dialami Afghanistan saat ini adalah masalah finansial.

“Akar dari masalah ini adalah dibekukannya aset warga negara kami oleh pemerintah Amerika,” kata Muttaqi seperti dikutip AFP.

3. Swiss Resmi Izinkan Pernikahan Sesama Jenis Tahun Depan

Swiss resmi mengizinkan pernikahan sesama jenis mulai 1 Juli 2022. Keputusan ini diambil menyusul referendum yang dilakukan pada September lalu.

Sebanyak dua per tiga mayoritas pemilih menyetujui inisiatif “Pernikahan untuk Semua Kalangan”.

Pemerintah Swiss memutuskan pasangan sesama jenis yang telah menikah di luar negeri akan diakui status mereka pada awal Januari. Sebelum ada aturan ini, mereka hanya diakui sebagai pasangan di negara itu, tapi tidak status pernikahannya.

(bac)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *