Toprak Tak Suka MotoGP, Pilih Nomor 1 di WSBK 2022


Jakarta, Indonesia —

Juara dunia World Superbike (WSBK) Toprak Razgatlioglu tidak tertarik pindah ke MotoGP saat ini. Toprak mengaku tidak suka kondisi di lingkungan garasi MotoGP.

Toprak sukses menjadi juara dunia WSBK 2021 di WSBK Mandalika akhir pekan lalu. Pembalap asal Turki itu mengakhiri dominasi Jonathan Rea, yang dalam enam musim sebelumnya sukses menjadi juara dunia secara beruntun.

Sebelum memastikan gelar juara dunia WSBK 2021, Toprak sempat dihubungkan dengan kepindahan ke MotoGP. Salah satu pembalap yang disebut-sebut tertarik merekrut Toprak adalah Petronas Yamaha, yang di MotoGP 2022 berubah nama menjadi RNF Yamaha.

Toprak memastikan akan bertahan di WSBK bersama Pata Yamaha hingga kontraknya berakhir pada 2023. Pembalap 25 tahun itu mengaku kurang suka dengan kondisi di sekitar MotoGP.

“Saya suka dengan lingkungan di sekitar paddock WSBK. Saya akan tetap di sini untuk setidaknya dua musim lagi. Setelah itu baru kita lihat keadaannya. Saya pribadi suka di WSBK, karena semua terasa seperti keluarga,” ujar Toprak.

“Saya tidak terlalu suka paddock MotoGP, karena terlalu besar. Saya pernah dua tahun tampil di Red Bull Rookies Cup dan paddock di sana sangat besar, saya berjumpa banyak orang di garasi dan saya kurang suka kondisi itu,” sambung Toprak.

Tim Principal Pata Yamaha, Paul Denning, mengatakan Toprak akan tetap memperkuat tim pada WSBK 2022. Namun Denning tidak memungkiri Toprak berpeluang ke MotoGP pada 2023.

“Toprak punya kontrak dua tahun dengan Yamaha untuk 2022 dan 2023. Untuk 2022 dia akan tetap di sini, itu sudah pasti. Jadi pada 2023 kita lihat saja nanti. Kalau dia bisa menang lagi di sini dan kemudian Yamaha ingin dia ke MotoGP, semuanya mungkin saja. Jadi tunggu saja,” ucap Denning.




Banner Testimoni

Toprak juga memastikan akan menggunakan nomor balap 1 untuk WSBK 2022. Toprak mengatakan impian ayahnya, Arif, adalah melihat sang anak menjadi juara dunia WSBK. Itu sebabnya menggunakan nomor 1 di WSBK 2022 sangat penting.

“Ini hari yang spesial untuk saya. Kemenangan ini saya dedikasikan untuk ayah. Dia selalu bilang ‘Toprak akan menjadi juara dunia’. Dia meninggal empat tahun lalu, hari ini kami menjadi juara dan saya persembahkan untuknya. Jadi mari kita pakai nomor 1 musim depan,” ujarnya.

Toprak selalu menggunakan nomor balap 54 di WSBK. Juara bertahan berhak menggunakan nomor 1, nomor yang sejak 2016 digunakan Jonathan Rea. Sementara untuk WSBK 2022, Rea kembali menggunakan nomor 65.

[Gambas:Video ]

(har/rhr)







Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *