Uji Coba Ganjil Genap Jalan Margonda Depok Diberlakukan Besok



Jakarta, Indonesia —

Polres Metro Depok akan melakukan uji coba penerapan ganjil-genap di Jalan Margonda Raya, Kota Depok, Jawa Barat, pada Sabtu dan Minggu, 4-5 Desember 2021. Uji coba dilaksanakan mulai dari Simpang Ramanda hingga flyover Universitas Indonesia (UI).

“Pada Sabtu dan Minggu akan mulai pukul 12.00 WIB hingga 18.00 WIB. Ganjil genap akan dilakukan hanya pada akhir pekan, karena memang kondisi macet kerap terjadi. Ini salah satu solusi untuk mengurangi volume kendaraan, ” kataKepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Metro Depok, Kompol Jhoni Eka Putra, dikutip dari Antara, 24 November silam.

Jhoni menjelaskan ganjil genap hanya diberlakukan kepada kendaraan roda empat. Namun, tak berlaku pada kendaraan khusus seperti ambulans ataupun dengan kondisi darurat lainnya.

Menurutnya, pengendara motor dan angkutan umum tidak dikenakan aturan ganjil genap tersebut. Selain itu, kata Jhoni, belum ada penindakan terhadap mobil yang melanggar.

“Karena masih uji coba, sifatnya hanya sosialisasi, belum ada penindakan. Sosialisasi kami terus lakukan, baik secara langsung dan daring,” ujarnya.

Jhoni mengatakan puluhan personel akan disiagakan dalam uji coba ganjil genap ini, yang terdiri dari anggota Polres Metro Depok, TNI, serta Dishub dan Satpol PP Kota Depok.

“Jadi ingat untuk tanggal ganjil pakai kendaraan ganjil, tanggal genap pakai kendaraan dengan nomor genap. Jika nanti lancar minggu selanjutnya akan kembali digelar dan sudah ada penindakan,” ujarnya.

Ia mengajak masyarakat untuk mendukung penerapan ganjil genap, sehingga permasalahan kemacetan di Kota Depok dapat terurai. Pihaknya ingin melihat uji coba penerapan ganjil genap di lapangan, apakah dapat mengurai kemacetan di kawasan Margonda Raya.

“Kami mengajak masyarakat untuk mendukung karena ini merupakan salah satu terobosan ataupun langkah kita dalam mengurangi kemacetan di Depok. Karena jalan di sana tidak terlalu lebar, sementara mobilitas kendaraan cukup tinggi,” katanya.

(Antara/ugo)

[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *