Ulasan Sains di Balik Tubuh Hitam-Putih Zebra



Jakarta, Indonesia —

Zebra memiliki ciri khas berupa rambutnya yang bergaris berwarna kontras, hitam dan putih. Bagaimana penjelasan sains dibalik rambut hitam-putih zebra?

African Wildlife Foundation mengungkapkan warna hitam-putih yang menakjubkan dari kuit berambut zebra sangat kontras dengan padang rumput yang menjadi habitat hidupnya.

Zebra berasal dari hutan yang lebih dominan dengan warna rumput kering, coklat-hijau, tanpa pohon di wilayah Afrika Timur dan selatan.

Garis dan motif tiap individu zebra unik dan berlainan. Ada tiga spesies zebra yang hidup saat ini, zebra dataran (Equus quagga), zebra gunung (E. zebra) dan zebra Grevy (E. grevyi) dengan masing-masing spesies juga memiliki pola garis yang berbeda.

Dilansir dari Live Science, untuk sebagian zebra, bagian yang lebih gelap dari kulit mereka berwarna hitam sedangkan bagi yang lain berwarna cokelat. Beberapa hanya memiliki garis-garis di bagian tubuh, tapi tidak ada di kaki mereka.

The Quagga Project menyebut Subspesies zebra dataran yang punah yang disebut quagga (E. quagga quagga) memiliki garis minimal di kepala, surai, dan lehernya.

Ahli Ekologi Perilaku dan Evolusioner sekaligus Ahli Biologi Konservasi University of California, Tim Caro mengatakan terlepas dari pola dan warna yang berbeda, semua zebra sesungguhnya memiliki warna kulit yang sama.

Namun, pernyataan tersebut tidak menjawab pertanyaan apakah rambut mereka berwarna hitam dengan garis-garis putih atau sebaliknya.

Untuk mengetahuinya, peneliti harus melihat ke melanosit zebra yang berfungsi menghasilkan pigmen untuk rambutnya.

Menurut Caro, meskipun zebra memiliki kulit hitam, proses perkembangan yang berbeda menentukan warna rambut mereka, seperti halnya orang berkulit terang dapat memiliki rambut gelap.

Faktanya, zebra sebenarnya memiliki lebih banyak rambut berwarna terang daripada yang gelap, misalnya perut mereka biasanya berwarna terang. Hal itu mungkin yang menyebabkan zebra terlihat berwarna putih dengan garis-garis hitam.

Menurut ulasan di Journal of Investigative Dermatology yang terbit pada 2005, setiap helai rambut zebra, baik terang maupun gelap yang tumbuh dari folikel yang diisi dengan sel melanosit.

Sel-sel tersebut menghasilkan pigmen yang menentukan warna rambut dan kulit.

Alat berlindung dari serangan? Simak di halaman berikutnya..


Apa Warna Kulit Zebra?


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *