Usia Dekati Seabad, Ratu Elizabeth II Kepala Negara Tertua Dunia



Jakarta, Indonesia —

Ratu Elizabeth II menjadi kepala negara tertua di dunia pada 2017, mengalahkan mantan Presiden Zimbabwe, Robert Mugabe. Kini, Ratu berusia 95 tahun atau seabad seabad dan masih menjadi kepala negara Inggris.

Ratu juga mengalahkan pemimpin Tunisia Beji Caid Essebsi yang berumur 90 tahun, pun juga pemimpin Kuwait Sheikh Sabah IV yang berumur 88 tahun.

Ratu Elizabeth II mengemban tanggung jawab sebagai pemimpin Inggris pada 6 Februari 1952. Ia juga menjadi ratu belasan negara merdeka lain yang pernah dijajah Inggris, sebagaimana dilansir CFR.

Mengutip Evening Standard, Ratu telah menjadi pemimpin kerajaan yang paling lama memerintah pada 2015, di umur 89. Sebelumnya, rekor pemimpin kerajaan terlama dipegang oleh Ratu Victoria.

Ratu lahir pada 21 April 1926 dan merupakan anak dari Pangeran Albert (Raja George VI) dan Lady Elizabeth Angela Marguerite Bowes-Lyon. Ratu bernama lengkap Elizabeth Alexandra Mary.

Sebenarnya, Ratu Elizabeth muda memiliki peluang kecil untuk melanjutkan takhta. Namun, pamannya, Edward VIII memutuskan untuk turun takhta agar ayah Ratu Elizabeth bisa menjadi raja. Sejak itu, nama Ratu masuk menjadi penerus takhta, dikutip dari Britannica.

Menurut situs resmi keluarga kerajaan Inggris, Ratu Elizabeth menikah dengan Pangeran Philip Duke of Edinburgh pada 20 November 1947 di Biara Westminster. Dari pernikahan ini, mereka dikaruniai empat anak, yakni Pangeran Charles, Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward.

Ratu Elizabeth terus bersama Pangeran Philip hingga maut memisahkan mereka. Pada 9 April 2021, Pangeran Philip meninggal dunia di usia 99 tahun.

Setelah Pangeran Philip meninggal dunia, Ratu Elizabeth dan keluarga mengaku berada dalam masa kesedihan dan duka yang amat dalam.

“Merupakan penghiburan bagi kami semua untuk melihat dan mendengar penghormatan yang diberikan kepada suami saya, dari orang-orang Inggris dan seluruh dunia,” ujar Ratu Elizabeth.

Lanjut baca tentang pemikiran Ratu Elizabeth II yang modern di halaman berikutnya…


Pemikiran Terbuka Ratu Elizabeth II


BACA HALAMAN BERIKUTNYA



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *