Utusan Khusus Biden Hadiri Pelantikan Prabowo Subianto, Siapakah Dia?




Jakarta, Indonesia

Presiden Amerika Serikat Joe Biden mengirim duta besarnya di Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Linda Thomas-Greenfield, sebagai utusan khusus untuk menghadiri pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih Prabowo Subianto dan Girban Rakabuming Raka, Minggu (20/10).

Dalam unggahannya di X, Thomas-Greenfield terlihat tiba di Jakarta sejak Sabtu (19/10) siang.


ADVERTISEMENT


SCROLL TO CONTINUE WITH CONTENT

“Mendarat di Jakarta, Indonesia untuk memimpin delegasi AS, atas nama @POTUS, ke pelantikan Presiden terpilih Prabowo Subianto – dan semakin mempererat hubungan antara AS-RI,” kata Thomas-Greenfield dalam kicauannya di X.

Thomas-Greenfield merupakan perwakilan tetap AS di PBB. Ia kerap memimpin delegasi AS dalam rapat-rapat di organisasi tersebut, terutama rapat Dewan Keamanan PBB yang krusial.

Peran Thomas-Greenfield kerap disorot selama setahun terakhir, terutama sejak agresi brutal Israel ke Jalur Gaza Palestina berlangsung pada Oktober 2023 lalu. Sejak itu, delegasi AS yang dipimpin Thomas-Greenfield kerap memveto banyak resolusi DK PBB yang ditujukan demi mengupayakan gencatan senjata dan penghentian kekerasan di Jalur Gaza.

Thomas-Greenfield juga kerap membela Israel di PBB, termasuk agresi brutalnya ke Jalur Gaza yang dianggap bentuk pertahanan diri Tel Aviv dari gempuran Hamas. Padahal, agresi brutal Israel yang masih berlangsung hari ini telah menewaskan lebih dari 42 ribu warga Gaza terutama anak-anak dan perempuan.

Thomas-Greenfield memimpin delegasi AS yang terdiri dari lima utusan khusus AS lainnya yang juga akan hadir pelantikan Prabowo-Gibran.

Mereka adalah Duta Besar AS untuk Indonesia Kamala Shirin Lakhdhir. Kemudian ada Wakil Sekretaris Perdagangan Departemen Perdagangan Don Graves. Selanjutnya Admiral Samuel Paparo, Komandan Pasukan Indo-Pasifik, Kementerian Pertahanan AS.

Amerika Serikat juga diwakili oleh Daniel J Kritenbrink, Asisten Menteri Luar Negeri untuk Urusan Asia Timur dan Pasifik.

Kemudian ada Asisten Khusus Presiden dan Direktur Senior untuk Asia Timur dan Oceania Dewan Keamanan Nasional Mira Rapp-Hooper.

Sebelumnya Ketua MPR yang juga dikenal sebagai Sekjen Gerindra Ahmad Muzani mengatakan ada sekitar 33 kepala negara dan kepala pemerintahan, terutama dari ASEAN akan hadir saat pelantikan Prabowo dan Gibran Rakabuming sebagai Presiden dan Wakil Presiden RI pada Minggu besok.

“Tamu negara yang hari ini menyatakan confirm, kepala negara dan setingkat kepala negara yang sudah dinyatakan hadir kurang lebih sekitar 33 negara ASEAN, negara sahabat, dan negara-negara mitra ASEAN,” kata Muzani usai gladi bersih di Kompleks DPR/MPR RI, Senayan, Sabtu (19/10).

Sementara itu, menurut catatan Dewan Perwakilan Rakyat (DPR RI), sejauh ini ada 23 kepala negara yang sejauh ini telah terkonfirmasi hadir di pelantikan Prabowo-Gibran.

Sebanyak 12 negara lainnya mengirim utusan khusus untuk hadir di acara hari ini.

(rds)


[Gambas:Video ]




Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *